Akar Tumbuhan

Akar merupakan penyangga, pondasi, penopang dan penyokong tanaman sehingga bisa berdiri dengan kuat, walau diterpa angin dan air ataupun gangguan lainnt. Dengan akar ini tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara aman. Baca : Pupuk organik Super ACI membantu memperbaiki kualitas akar dalam menyerap unsur hara

Secara biologi akar adalah segalanya bagi tumbuhan. Walaupun bagian-bagian tumbuhan yang lainnya seperti batang, kulit dan daun  sudah rusak tumbuhan itu masih bisa bertahan hidup. Selama masih ada akarnya tertancap maka selama itupula tanaman akan hidup. Seandainya ingin memusnahkan tanaman maka yang perlu kita lakukan adalah memusnahkan akar sampai tuntas. Olehnya itu kesehatan akar itu perlu diperhatikan. Berukut ini pembagian dari bagian-bagian akar.

1. Tudung Akar
Tudung akar merupakan bagian ujung dari akar yang bernama Kaliptra yang memiliki sel jaringan parenkim yang mengandung sari tepung. Kaliptra berfungsi untuk melindungi akar saat terjadi pelebaran sehingga tidak terjadi gesekan dengan partikel tanah. Merupakan daerah pengembangan sel yang berbeda fungsi.

2. Inti Akar
Inti akar merupakan bagian akar yang berada pada pusat akar disekitar bonggol akar. Inti akar terdiri atas
  • Pembulu tapis yaitu membantu dan melancarkan proses fotosintesis
  • Pembulu kayu yaitu menyebarkan air dan nutrisi makanan menuju tulang daun. 
3. Rambut Akar
Karakter rambut akar memiliki keunikan tersendiri yaitu berserabut tidak beraturan tetapi berstruktur halus yang melekat kuat pada kulit akar bagian luar yang berfungsi menyerap semua air dan garam mineral yang ada dalam kedalaman tanah.

4. Batang Akar
Batang akar merupakan batang yang berada pada bahagian tengah dari pohon yaitu diantara pangkal akar dan ujung akar. Berkembang dan tumbuh bercanang-cabang dalam skala bentuknya yang memiliki ukuran yang kecil.

5. Ujung Akar
Merupakan bagian akar yang termuda dan seperti tunas yang terus menerus mengalami pertumbuhan dan pergantian akar baru pada waktu yang sudah menjadi ketentuan sel akar.
Fungsi daripada akar:
  • Sebagai pondasi berdirinya batang
  • Sebagai tempat menyerap air dan nutrisi
  • Menyuplai hormon pada tumbuhan dalam proses pertumbuhan batang dan ranting
  • Sebagai tempat menyimpan makanan.
Sifat-sifat dari akar : 
  • Mengalami pertumbuhan dan perubahan ukuran secara bertahap dan konsisten
  • Ruang gerak proses pertumbuhannya selalu berkaitan dengan gravitasi bumi. 
  • Kondisi tanah selalu berwarna tanah atau lebih pucat, karena tidak terjadi proses fotosintesis
  • Akarnya mampu menyimpan cadangan nutrisi dan air dalam setat yang ada pada akar. Serat akar berguna mrnahan dan menyimpan jumlah nutrisi sampai musim kemarau tiba, sehingga pasokan makanan tidak kekurangan

Komentar

Postingan Populer