Cara Membuat ZPT dari Bawang Merah

Flickr.com
Bawang merah merupakan salah satu zat pengatur tumbuh yang paling mudah didapatkan dan gampang membuatnya. Berikut cara pembuatan zpt bawang merah. Baca juga : Cara membuat ZPT dari bonggol pisang , cara membuat ZPT dari rebung bambu

Cara: 
  • Pilih bawang merah yang mempunyai khualitas yang baik dan pilih yang bebas dari hama dan penyakit. Sebab dengan yang unggul diharapkan bisa menghasilkan ZPT yang unggul.
  • Haluskan bawang merah dengan menggunakan blender sampai membentuk bubur bawang merah. Bisa juga diolek kalau alat belender tidak ada. 
  • Tuangkan air kedalam bubur bawang merah dengan perbandingan 1 liter air untuk 10 biji bawang merah ukuran sedan.
  • Saring larutan itu dan hilangkan ampasnya dan simpan ditempat lainnya.
  • ZPT dari bawang merah siap untuk digunakan. 
  • ZPT ini dapat digunakan untuk pembibitan, penyemaian dan bisa juga digunakan untuk mencangkok dan menyetek.
  • Bawang merah bisa juga disemprotkan pada tanaman untuk pertumbuhan tunas dan daun dengan cara melarutkan 200ml - 400 ml ekstrak bawang merah dalam 5 liter air. 
Cara  penggunaan: 

1. Untuk stek : merendam stek batang pada larutan ini kurang lebih 6-12 jam. Bisa juga menambah bawang putih sebagai anti jamur dengan konsentrasi 50%  (50:50)

2. Untuk pencangkokan bisa diolesi dengan larutan ZPT pada batang yang telah dikupas untuk cangkok.

3. Untuk pindah bibit : bibit yang telah dicabut direndam untuk merangsang pertumbuhan akar akibatkerusakan pada saat dicabut. 10 ml larutan bawang merah ditambahkan 100 ml air bersih selama 10 menit. Setelah itu bibit siap tanam. 

4. Untuk semai benih: Benih direndam selama 6 - 12 jam dengan perbandingan 10 ml larutan bawang merah + 100 ml air bersih hangat kuku. Tiriskan dan benih siap untuk disemai. 

5. Untuk penyemprotan tanaman : semprotkan pada tanaman untuk merangsang pertumbuhan tunas dan daun dengan 200-400 ml larutan bawang merah dengan 5 liter air. Semprotkan pada tanaman atau media tanam 2 kali pada 1 hari saja. Selanjutnya bisa disemprot 2-3 minggu sekali. 

Komentar

  1. Kalau buat perangsang latek pohon getah gimana ya mas cara bikin bawang merahnya? Sama juga kah ? Tips Tani

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer