Herbisida

Herbisida merupakan zat yang biasa dipakai untuk mematikan gulma atau rumput yang mengganggu tanaman pokok. Gulma merupakan tanaman pengganggu untuk tanaman pokok. Jadi keberadaan gulma ini sangat tidak diharapkan petani.

Penggunaan herbisida  yaitu dengan cara disemprotkan pada tanaman ataupun ditebar secara merata. Bentuk atau wujud dari herbisida yaitu cair, serbuk, bubuk dan juga ada yang berbentuk butiran.

Pada saat pemakaian hendaknya hidung dan mulut ditutup dan jangan melakukan aktivitas makan dan minum termasuk merokok. Sebab racun ini sangatlah berbahaya. 

Dengan menggunakan herbisida maka petani akan hemat tenaga karena tidak lagi mencabut rumput. Herbisida dilapangan banyak sekali macamnya. Mulai dari herbisida khusus daun kecil, khusus daun lebar atau bisa dua-duanya. 

Betapa majunya teknologi dalam pertanian karena bila tanaman disemprot maka yang mati hanya rumputnya saja tetapi padinya tidak. Ini adalah salah satu kelebihan dari herbisida. Ada herbisida yang menyebabkan tanah menjadi subur bila setelah beberapa hari disemprot. Tetapi ada juga yang menyebabkan tanah menjadi rusak strukturnya. Olehnya itu sebaiknya memilih herbisida yang aman bagi lingkungan. 

Tidak perlu lagi khuatir dalam memilih herbisidah sebab semua sudah diawasi dengan ketat oleh pemerintah. Kecuali kalau ada produk ilegal yang masuk maka perlu kita hati-hati. Baca juga: Jenis-jenis pestisida yang lain 

Komentar

Postingan Populer