Klorofil

Apakah anda pernah mendengar klorofil? Istilah klorofil biasa kita dengan untuk tumbuhan mempunyai daun hijau. Klorofil merupakan pigmen yang memberikan warna hijau pada kloroplas sel tanaman. Umumnya klorofil berdistribusi pada daun sehingga disebut zat hijau daun. Sebenarnya klorofil juga terdapat pada seluruh jaringan tanaman yang ada warna hijaunya. Bagian-bagian tanaman tersebut yang dimaksud adalah batang, akar, buah, dan bahkan biji yang berwarna  hijau. Cuma jumlahnya terbatas. 
Klorofil juga merupakan melekul yang disebut fotoreseptor. Struktur dasar dari melekul klorofil ditandai dengan adanya cincin porphyrin, koordinasi terhadap atom pusat. Mempunyai persamaan dengan kelompok heme yang terdapat pada hemoglobin. Heme atom pusat adalah besi pada hemoglobin, pada klorofil adalah magnesium. 

Pembagian klorofil yaitu klorofil a dan klorofil b. Klorofil a berwarna hijau tua dengan rumus C55H72O5N4Mg, jika sinar direfleksikan tanpak merah darah. Klorofil b berwarna hijau muda dengan rumus C55H72O6N4Mg, bila ditefleksikan tanpak merah coklat. Klorofil a terdapat pada tumbuhan autottrof. Klorofil b terdapat pada  ganggang hijau chlorophyta dan tumbuhan darat. 
Umumnya klorofil banyak meresap sinar merah dan nila, klorofil larut dalam ethanol atau alkohol, aseton, methanol, eter, bensol, kloroform, tetapi tidak sama dalam air. Cara memisahkan klorofil a dan klorofil b dan pihmen lain (karoten, xanthophyl) dengan teknik kromatografi. 

Komentar

Postingan Populer