Pengaruh Suhu Terhadap Tanaman

Pengertian Suhu
Suhu bisa kita lihat dari dua sudut pandang yang berbeda. Kedua sudut pandang itu adalah derajat dan isolasi. Isolasi didefenisikan sebagai energi panas dari matahari dengan satuan gram/kalori/ cm2. Dimana 1 gram kalori dinaikkan untuk menaikkan suhu satu gram air sebesar 1°C.
Aspek isolasi atau suhu suatu daerah berbeda-beda bergantung pada:
1. Latitude
Latitude  yaitu berhubungan dengan letak lintang suatu tempat. Isolasi pada daerah khatulistiwa lebih besar dan berbeda dibanding dengan daerah sub-tropis atau daerah sedang. Semakin kekutub maka isolasi semalin rendah karena sudut jatuh radiasi karena sudut jatuh radiasi matahari semakin besar  atau jarak matahari kebumi semakin jauh.
2. Musim
Musim panas isolasi tinggi dan pada musim hujan isolasi rendah. Indonesia dibagi menjadi dua musim yaitu musim hujan dan musim panas. Kedua musim tersebut sangat mempengaruhi isolasi. Musim berkaitan dengan kelangsungan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Ada tanaman yang butuh curah hujan tinggi dan ada yang butuh musim panas yang tinggi.
3. Kejernihan Atmosfer
Atmosfer mempengaruhi isolasi. Semakin jernih atmosfer maka semakin tinggi isolasi yang diterima oleh bumi karena tidak ada awan yang menghalangi atau bintik-bintik air. Atmosfer juga dipengaruhi oleh polusi udara, debu, asap dan lain-lain.
4. Konstanta Matahari
Jarak matahari dengan bumi mempengaruhi isolasi. Semakin dekat jarak matahari ke bumi maka isolasi akan semakin semakin tinggi.
Hubungan Suhu Dengan Tanaman
Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah suhu. Suhu sangat berkaitan dengan proses fotosintesis tumbuhan. Tumbuhan bisa menghasilkan fotosintesis yang sempurna bila matahari bersinar dengan baik tanpa dihalangi oleh awan. Suhu yang panas terjadi bila matahari tidak dihalangi oleh awan, gedung tinggi dll. Menanam tanaman yang terhalangi oleh awan, gedung tinggi, dll tentu saja berpengaruh terhadap fotosintesis tanaman dibawahnya. 
Berikut ini pengaruh suhu terhadap beberapa faktor fisiologis penting yaitu:
  1. Membuka dan menutupnya stomata
  2. Transpirasi
  3. Penyerapan air dan nutrisi
  4. Fotosintesis
  5. Respirasi
  6. Kenerja enzim
  7. Cita rasa tanaman
  8. Pembentukan primordia bunga
Suhu ada yang kita kenal suhu minimum dan suhu maksimal. Setiap tanaman memiliki suhu minumum dan suhu maksimal. Bila suhu melampaui suhu maksimal ataupun suhu minimum akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Baik secara fisik maupu fisiologis. Secara fisik misalnya tanaman menjadi kerdil, daun gugur ataupun tidak mau berbunga. Fisiologis misalnya aktifitas enzim dan aktivitas biologis lainnya. Suhu terlalu rendah bisa menyebabkan dormansi untuk bebetapa jenis tumbuhan. Dan bila suhu terlalu tinggi bisa menyebabkan tanaman menjadi mati. 

Komentar

Postingan Populer