Pergerakan Unsur Hara Mendekati Tanaman

Unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman tersedia dialam. Tinggal tanaman tersebut mengambil unsur hara tersebut dengan berbagai cara. Penyediaan unsur hara untuk tanaman terdiri atas 3 jenis diantaranya: tersedia di udara, tersedia di air, dan tersedia di tanah. Ketiga sumber  unsur hara tersebut dibutuhkan oleh tanaman dalam melangsungkan proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Unsur hara yang tersedia di udara adalah karbon (C) dan oksigen (O) dimana membentuk senyawa CO2.Sementara unsur hara yang tersedia dalam bentuk cair yaitu H2O diserap oleh tanaman dalam bentuk ion H+ karena oksigen dalam melekul air mengalami proses oksidasi dan dibebaskan keudara oleh tanaman dalam bentuk melekul oksigen(O2).Sedangkan unsur esensial lain yang diperlukan tanaman tersedia dalam tanah.

Mekanisme penyediaan unsur hara dalam tanah melalui tiga mekanisme, yaitu:

Aliran Massa

Aliran massa merupakan pergerakan unsur hara mendekati tanaman dengan cara terbawah oleh air yang membawah unsur hara. Tanaman melakukan transpirasi (penguapan) dan penyerapan air oleh akar tanaman. Termasuk juga menyerap air denga unsur hara yang terbawah oleh pergerakan massa air didalam tanah. Pergerakan unsur hara bisa dari gunung kelembah,disungai, digot dan lain-lain.

Difusi

Ketersediaan unsur hara kepermukaan akar terjadi karena adanya perbedaan konsentrasi. Konsentrasi unsur hara pada permukaan akar lebih rendah dibanding dengan konsentrasi hara dalam larutan tanah. Dan konsentrasi hara pada permukaan koloit liat serta pada permukaan koloid organik. Kondisi ini terjadi karena sebagian besar unsur hara yang ada dialam bisa diserap oleh akar tanaman dan tumbuhan.

Intersepsi Akar

Intersepsi akar yaitu tanaman yang aktif untuk mendapatkan makanan dengan cara memanjangkan akar-akarnya. Tentu saja jika dibandingkan dengan aliran massa dan difusi ini sangat berbeda. Intersepsi akar lebih aktif karena dia yang berusaha mendekati makanannya. Peristiwa ini terjadi karena akar selalu tumbuh memanjang sehingga jangkauan akar lebih luas. Perpanjangan tersebut selalu mengarah dimana unsur hara berada. Baik itu yang berada dalam larutan tanah, permukaan koloid liat dan permukaan koloid organik. 

Komentar

Postingan Populer