Perkembang Biakan Pada Tumbuhan

Kita sudah pada mengetahui bahwa perkembang biakan merupakan hal yang mutlak harus kita ketahui. Sebab dengan mengetahui perkembang biakan berarti kita akan mengetahui cara menanam. Menanam merupakan awal dari budidaya tanaman. Dengan menanam tumbuhan akan bertambah. Semakin banyak pertambahannya maka semakin baik pula kemakmuran petaninya.
             Sumber gb. www.google.com
Jadi apa yang dimaksud perkembangbiakan? Perkembang biakan merupakan cara kita mengbangkan tanaman supaya terbentuk individu yang banyak. Dalam pertanian dikenal ada dua jenis perkembang biakan pada tanaman yaitu perkembangbiakan generatif dan perkembang biakan vegetatif.

Perkembang biakan generatif biasa kita kenal juga dengan secara kawin atau seksual. Yaitu melakukan perkawinan antara sel jantan dan sel betina. Sel jantan disebut benang sari dan sel kelamin betina  disebut putik. Pada perkembang biakan seksual banyak cara yang mempertemukan sel jantan dan sel betina diantaranya melalui angin, air, serangga, dan bahkan manusia. Pertemuan antara sel jantan dan sel betina disebut zigot. Dari situlah muncul bakal buah dan akhirnya membentuk buah.
Perkembang biakan generatif punyak banyak kekurangan diantaranya: lambat berbuahnya memakan waktu minimal 3 tahun, individu yang terbentuk terjadi kehilangan sifat induknya sehingga walaupun induknya banyak hasil belum tentu anaknya ikuti, dan tentu saja banyak kekurangan yang lain. Akan tetapi ternyata generatif juga punya kelebihan diantaranya perakarannya kuat dan individu yang dihasilkan asli dari induknya. 

Perkembangbiakan vegetatif yaitu perkembangbiakan secara tidak kawin atau aseksual. Beberapa jenis perkembang biakan diantaranya: mencangkok, menempel, merunduk, stek, kultur jaringan, menyambung dll. Adapun kelebihannya yaitu menghsilkan individu yang sama dengan induknya. Misalnya induknya berbuah lebat maka anak hasil vegetatif juga akan berbuah lebat. 

Komentar

Postingan Populer