Pupuk Urea

Pupuk urea merupakan salah satu pupuk makro yang memiliki kandungan Nitrogen (N) yang kadarnya cukup besar. N ini sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam memenuhi kebutuhan unsur haranya. Urea sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam vegetatif tanaman. Bentuk urea umumnya butiran kristal yang warnanya putih. Rumus kimia dari urea adalah NH2 CONH2 dan meupakan pupuk yang sangat mudah larut dalam air. Sifatnya sangat mudah menghisap air (higroskopis), karena itu hendaknya ditaruh pada tempat yang kering dan tertutup rapat. Kandungan dari pupuk urea adalah N sebesar 46%. Ini diartikan setiap 100 kg mengandung 46 % Nitrogen, Moisture 0.5%, Biuret 1%, ukuran 1-3,35MM 90% Min serta berbentuk prill. Baca juga : Cara membuat tanaman meningkat dengan memakai pupuk super ACI

Unsur hara yang dikandung oleh urea sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan tumbuhan. Diantara manfaat yang terkandung dalam urea adalah : 

  • Daun tanaman menjadi hijau segar karena kandungan butir hijau daun yang dikandungnya (clorophil) dimana memiliki peranan dalam proses fotosintesis tumbuhan.
  • Mempercepat proses pertumbuhan tanaman terutama tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah cabang dll.
  • Memberi jumlah protein pada tanaman
  • Urea dibutuhkan oleh semua tanaman (pangan, hortikultura dan perkebunan)
  • Memberikan pupuk yang baik maka akan membuat tanaman menjadi segar, sehat dan membuat tanaman menghasilkan lipat ganda.
Demikianlah sekilas tentang pupuk urea semoga bermafaat.



Komentar

Postingan Populer