Rodentisida

Rodentisida merupakan senyawa kimia untuk mengendalikan berbagai jenis binatang pengerat. Tikus merupakan binatang yang sangat merugikan manusia karena dapat merusak hasil pangan, hortikultura, dan perkebunan. Disamping itu tikus juga ada yang tinggal dirumah yang mana sangat berbahaya bagi manusia. Tikus merupakan vektor penyakit yang bisa mengancam jiwa manusia. Sekitar 200 organisme patogenik yang bisa ditularkan. Tikus juga dapat tertular penyakit dari manusia dan tikus tersebut menularkan lagi penyakit itu kemanusia lain.

Rodentisida yang saat ini beredar kurang memperhatikan segi keamanan pengguna. Selain itu desain kurang baik atau praktis dan tidak berorientasi untuk semua tikus tetapi hanya untuk tikus sawah saja. 

Rodentisida ini banyak digunakan untuk memberantas hama padi di sawah. Tetapi karena fokusnya untuk sawah maka jarang ada formula khusus perkebunan dan rumah. Rodentisida dirancang secara khusus untuk mematikan tikus sawah. Tikus memiliki kepekaan yang sangat besar sehingga apabila diberi racun dan langsung bereaksi maka dia akan memberi siknal keteman yang lain untuk menghindari racun itu. Rodentisida sekarang tidak langsung mematikan tetapi perlahan-lahan seakan-akan tidak kena racun. Tetapi sebenarnya sudah terkena cuma reaksi tidak nampak. 

Komentar

Postingan Populer