Tanaman Ciplukan

Tanaman ciplukan (Physalis angulata) merupakan tanaman liar yang ada disekitar kita. Tanaman ini tumbuh dengan subur didaerah tropis. Termasuk indonesia.
Cimplukan memiliki bentuk buah yang bunganya diselubungi oleh kelopak yang menggembung. Buah pada saat baru tumbuh berwarna hijau dan menjadi kuning sesudah masak. Rasa buah pada saat masih mudah adalah getir namun setelah tua rasa menjadi manis asam. Pohon ciplukan sudah agak jarang lagi ditemukan disembarang tempat, tetapi justru banyak ditemukan diswalayan karena memiliki banyak manfaat. 

Kandungan dari cimplukan antara lain saponin, flavonoid, polifenol, alkaloid, kriptoxantin, vitamin c, asam stearay, asam sitrat, asam palmitat, asam malat, dan fisalin. Dan semua bahiannya bisa dimanfaatkan. 

Beberapa penyakit bisa diobati dengan pohon ini diantaranya parkinson, kolestror, penyakit kuning, epilepsi, gula darah, saluran kemih, lupus, sendi dan rematik, infeksi kulit, saluran pernapasan, penambah darah dan masih banyak lagi lainnya. 

Tulisan lanjutan  3-2-2021.

Cara pakainya : 

Keringkan seluruh bagian tanaman  akar, batang dan daun , setelah kering ambil 2 genggam, masak air 2 gelas dimasak sampai 1 gelas. Minum saat mau tidur. 

Katanya sebelum minum obat kepala dan badan terasa sakit. Setelah berhenti sakitnya dia berhenti minum obat kimia karena katanya obat kimia tidak menyembuhkan total. Nanti minum obat ini baru berhenti samasekali. 

Disamping itu dia juga pergi berenang dipantai untuk terapi setiap hari, kemudian 3 kali seminggu dan sampai sekarang 1 kali 1 minggu. Berendam kira-kira 2 jam. 

Stroknya menyerang bagian kanannya. 

Resep ini di sampaikan oleh Daeng Ronrong lokasi bengkel dekat mesjid tua katangka untuk menangani penyakitnya saat strook diserang 2 kali dan alhamdulillah sekarang sudah sembuh. Info ini saya dapat saat singgah dibengkelnya untuk perbaiki motor saya. 

Komentar

Postingan Populer