Kehutanan

Kehutanan

Kehutanan merupakan kegiatan manusia untuk mengadakan, mengelolah, memanfaatkan dan melestarikan hutan untuk kemaslahatan umat manusia. Hutan merupakan sistem ekologis yang ada di dunia, dimana hutan terbentuk dengan 2 cara yaitu secara alami dan secara buatan. 

Hutan yang terbentuk secara alami biasa tumbuhannya beraneka ragam. Sedangkan hutan buatan biasanya tumbuhan satu atau lebih jenis pohon. Misalnya pohon pinus di daerah Pammusuren Bontocani, Bone. Hutan alami biasanya memiliki tingkat kesuburan yang tinggi jika dibanding hutan buatan. 

Biasanya pohon pinus menyebabkan tumbuhan kecil yang ada dibawahnya kurus atau mati. Hal ini terjadi karena pinus mengeluarkan zat yang bisa menyebabkan matinya tumbuhan kecil. Begitupula binatang seperti babi hutan, rusa, dan binatang lainnya tidak bisa sembunyi. 

Ekologi hutan merupaka keterkaitan antara fauna, flora dan ekosistem dalam hutan. Ekosistem hutan merupakan kumpulan dari semua jenis tumbuhan, hewan, dan mikrorganime (lingkunan biotik) yang secara bersama-sama dengan lingkungan abiotik untuk membentuk suatu lingkungan. Kembali ke Ruang Lingkup Pertanian


Komentar

Postingan Populer