Bahaya Bahan Pangan Ternak Bila Tidak Diolah

Bahan pangan yang tidak dikelolah dengan baik bisa menimbulkan dampak negatif pada manusia. Beberapa dampak yang ditimbulkan seperti : 

Bahaya biologi maksudnya bahwa daging ternak tersebut didalamnya terkadang tercemar bakteri, virus, kamir, kapang dan ganggang.  Hal ini bisa membuat makanan tercemar dan bisa menimbulkan keracunan pada makanan tersebut. 

Bahaya kimia biasanya ternak diberikan bahan kimia tertentu saat dipelihara. Misalnya paksinasi, penyuntikan obat, pemberian vitamin dannlainnya. Apabila hal ini diberikan terus menerus bisa menyebabkan penumpukan dalam daging. Dengan demikian saat pengolahan diberikan perlakuan supaya bahan yang masuk dalam daging bisa terurai. 

Bahaya Formalin, ini bisa menyebabkan iritasi, alergi, kemerahan, mata berair, mual, muntah, rasa terbakar, sakit perut dan pusing. Dampak jangka panjang sering mengkonsumsi formalin iritasi parah, mata berair, gangguan pada pencernaan, hati, ginjal, pangkreas, sistem saraf pusat, pada hewan bisa menyebabkan kanker. Sementara pada manusia bisa bersifat karsinogen (menyebkan kanker). 

Baik yang disebabkan oleh biologi, kimia maupun formalin dan sejenisnya apabila dikonsumsi terus menerus tanpa pengolahan bisa menimbulkan gejala : mual, muntah, pusing, diare dan penyakit degeneratif. 


Komentar

Postingan Populer