Pengembangan Produk

Amran, SP, MSi. Pengembangan produk merupakan suatu cara untuk menemukan dan memperkenalkan suatu produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada untuk terpenuhinya kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Adapun tahapan pengembangan produk diantaranya : 

1. Melahirkan ide 

Ide bisa didapat melalui riset pasar, analisis kompetitor dan kreativitas tim. 

2. Pengembangan konsep

Memikirkan dan mengembangkan konsep produk dengan cara memantau kebutuhan dan keinginan konsumen.  Pemantauan bisa kita dapat dari barang yang diminati kebanyakan konsumen. Baik dari bentuknya, kandungannya, rasanya dan harganya. 

3. Desain Produk

Dalam mendesain produk harus dosesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Juga memperhatikan adat, agama, umur konsimen, jenis kelamin dan lainnya. 

4. Pengujian produk 

Tujuan dari pengujian produk adalah untuk memastikan apakah produk itu memenuhi standar kualitas dan kebutuhan konsumen. 

5. Peluncuran produk 

Setelah produk dibentuk maka yang terakhir adalah peluncuran produk. 

Komentar

Postingan Populer