Pengemasan

Kemasan diartikan sebagai pembungkus atau pelindung dari suatu bahan sehingga tidak terkontaminasi dengan mikrorganisme. Dengan kemasan tersebut produk tidak muda rusak. Dengan pengemasan juga membuat produk bisa tahan lama sehingga bisa sampai ketangan konsumen dengan selamat. Sehingga terjaga kualitas dan kuantitasnya.
Orang akan semakin tertarik kalau produk menggunakan kemasan dan jika punya kemasan kita bisa menambah nilai produk kita.Hal ini bisa dikatakan dengan citra suatu produk.Mengapa?karena yang tadinya kelihatan biasa biasa saja tetapi setelah ditambahkan kemasan akan lebih menarik dilihat.Dan biasanya produk yang menggunakan kemasan akan mempunyai nilai yang tinggi.

Kemasan memiliki rancangan baik dapat memberi nilai ekuitas merek dan bisa meningkatkan penjualan. Ketika konsumen mencari suatu produk maka yang dilihat pertama adalah kemasannya. Kalau kemasannya menarik biasanya konsumen ada kecendrungannya untuk mencobanya. Walaupun sebenarnya isi tidak terlalu baik. Kemasan ini mampu menarik minat konsumen terhadap pembelian barang. Kemasan merupakan kesan pertama. 

Tentu saja pengemasan bukan hanya sebagai pembungkus tetapi tetapi memiliki beberapa manfaat lain. Diantara manfaat yang ada pada kemasan adalah
  1. Produk yang menggunakan pembungkus akan mempunyai ketahanan yang lama.
  2. Menyelamatkan pangan dari kerusakan akibat pengaruh luar misal serangga, bakteri, virus dan lain-lain.
  3. Kerusakan nutrisi dan gizi dapat dihindari
  4. Mengkonsumsi makanan yang sikemas memberi jaminan kesehatan yang lebih baik. 
  5. Lebih gampang mendistribusikannya. 

Untuk membuat kemasan maka diperlukan bahan-bahan kemasan untuk dibuat kemasan. Diantara bahan kemasan yang umum digunakan adalah kain blacu, kertas, gelas, metal logam, pelastik dan daun. Tetapi tentu saja tidak hanya membuat kamasan tetapi perlu juga persyaratan untuk menjamin keamanannya. Diantara persyaratan dalam memiliki kemasan adalah sebagai berikut: bersifat permeabilitas, tidak beracun dan bersifat inerk atau bereaksi dengan zat lain, kedap air, tahan panas, mudah dikerja dan harga relatif murah. 

Demikianlah pembahasan singkat tentang kemasan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Bahaya kemasan kertas terhadap kesehatan





Komentar

Postingan Populer