Cara Bertanam Padi Anti Gagal

Tanaman padi merupakan tanaman pokok untuk para petani. Akan tetapi petani selama ini tidak pernah menghasilkan padi yang maksimal. Saya sering bertanya kepetani berapa karung rata-rata untuk tiap are. Rata-rata petani hanya mendapatkan 1 karung 1 are (1 karung @50 kg). 

Petani yang sering saya kunjungi adalah petani yang berada di Gowa-Makassar-Takalar. Silahkan lihat di yotube kami "Al Sukses Bertani". Menurut pengamatan saya. Beberapa penyebab hasil demikian karena : a. Pengolahan tanah tidak maksimal artinya petani rata-rata mengolah tanah secara kilat dan langsung tanam. Tidak memberikan  tanah untuk terurai dulu organiknya. Akibatnya tanah tidak subur. b. Jarak tanam terlalu rapat sehingga anakan yang terbentuk tidak maksimal. Jarak tanam yang rapat biasanya anakan padi maksimal 30 batang. Sedangkan jarak tanam yang renggang misal 30 × 30 akan membentuk anakan hingga 70 anakan. 

c. Manajemen hama kurang maksimal atau tidak memperhatikan setangan hama atau penyakit. Pengendalian dilakukan manakala sudah terserang parah. Itupun diberikan over dosis akibatnya gagal panen dan menimbulkan letupan hama. Saran lakukan pengendalian sebelum terserang (pencegahan). Dosis pestisida 1/2 dari anjuran. Dan lakukan penyemprotan minimal 7 hari sekali. 

d. Pemberian pupuk kimia yang berlebihan (atau tidak sesuai anjuran). Secara umum dosis untuk setiap are urea 1 kg per are. NPK 0.5 kg  per are. 

Baca juga : 

Cara aplikasi pupuk biomon pada tanaman sawit

Komentar

Postingan Populer