Cara Mengatasi Penyakit Layu Pada Cabe

Penyakit layu pada tanaman cabe sepertinya sudah menjadi pemandangan para petani saat kekebunnya. Para petani sudah menganggapnya lumrah sehingga tidak lagi panik. Kalau petani mendapati cabe seperti itu biasanya langsung saja dicabut. Tujuannya untuk mencegah penularan yang begitu cepat. 

Beberapa yang bisa memicu penularan adalah kelembaban kebun. Makanya penyakit ini banyak didapati pada musim hujan. Pada saat itu penyebarannya begitu cepat. Sehingga apabila tidak secepatnya diantisipasi maka akan mengakibatkan kerugian panen. 

Bukan hanya itu cabe juga mengalami gangguan pada buah. Penyakit itu petani mengenalnya dengan sebutan busuk buah. Busuk buah ini disebabkan oleh  banyak faktor diantaranya lalat buah, jamur dan bakteri. Yang paling parah adalah ketika semuanya bersamaan menyerang. Tentu hal ini akan mengakibatkan lonjakan biaya yang cukup besar. Disamping biaya yang besar juga akan menurunkan harga. Hal ini karena kualitas hasil juga turun. 

Pupuk hayati biomon adalah ahlinya untuk mengatasi kendala itu terutama penyakit layu fusarium. Pemberian pupuk biomon cukup 3 tutup botol pertangki. Lakukan penyemprotan pada tanaman cabe sore hari atau pagi hari. Reaksi setelah pemberiannya yaitu rata-rata 3 hari. 

Komentar

Postingan Populer