Bakso

 Salsabila. Bakso merupakan campuran daging sapi giling yang dicampur tepung tapioca dan dibentuk mirip bola-bola kecil ,biasanya menggunakan daging sapi tapi banyak juga yang menggunakan  daging ikan,ayam,udang,kerbau . Bakso disajikan dalam keadaan panas dengan kuah bening biasanya juga di tambahkan mie dan bihun serta telur kemudian di taburi bawang goreng.

Ternyata bakso berasal dari Tionghoa-Indonesia, dapat dilihat dari istilah ‘Bakso’ berasal dari kata Bak dan So, yaitu dalam bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling. Tapi yang membedakan dengan bakso Tionghoa ini adalah dagingnnya,karena Mayoritas Penduduk indonesia adalah muslim,maka daging digunakan  adalah daging halal.

Bakso di zaman sekarang ini dapat ditemukan dimana mana ,dan biasanya  penjual bakso adalah orang jawa karena tempat yang terkenal menjadi pusat bakso yaitu Solo dan Malang. Penjual kuliner ini mulai dari penjual keliling,kaki lima,sampai ke rumah makan atau restaurant mewah,karena bakso hampir disukai oleh masnyarakat nusantara, jadi orang-orang tidak ragu untuk membuka bisnis bakso.

Karena peminat bakso yang semakin meningkat ,maka penjual bakso dipasaran bersaing untuk menarik pembeli. Munculah variasi-variasi menu bakso yang menggugah selera pembeli,misalnya bakso urat,bakso bola tenis atau bakso telur,bakso gepeng,bakso malang,bakso karimunjawa,bakso keju dan masih banyak lagi.

Cara membuat Bakso Sapi 

Bahan-bahan yang perlu di persiapkan adalah sebagai  berikut:

Bahan bakso sapi:

• 500 gram daging sapi

• 1 butir telur

• 100 gram tepung kanji

• 3 siung bawang putih, haluskan

• 1 sdt lada bubuk

• 1/2 sdt bubuk pala

• 1 sdm garam

• 1/2 sdt kaldu sapi bubuk

• Air secukupnya untuk merebus


Setelah menyiapkan bahan yang diperlukan,  hanya perlu ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara membuat bakso sapi:

1. Giling 500 gram daging sapi yang sudah dibersihkan. Jika sudah halus, masukkan telur dan bumbu lainnya kecuali tepung kanji. Untuk mempermudah dan menghemat waktu,  bisa gunakan alat masak food processor.

2. Selanjutnya, tuang tepung kanji sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, 

3. Setelah adonan bakso siap, masak air sampai mendidih. Kemudian bulat-bulatkan adonan sesuai selera dan masukkan ke dalam air yang mendidih.

4. Biarkan hingga terapung, angkat, dan tiriskan.

5. Bakso sapi sudah siap untuk diolah menjadi hidangan lezat.  bisa olah bakso menjadi bakso goreng, bakso bakar, atau hidangan bakso lainnya.

Sumber kutipan 

Baca juga : Daging dan berbagai macam olahannya


Komentar

Postingan Populer