Cara Memupuk Tanaman Yang Sangat Hemat Pupuk Kimia

Tanaman dalam melangsungkan pertumbuhan dan perkembangannya membutuhkan unsur hara yang cukup. Sumber unsur hara kimia  yang dibutuhkan diantaranya urea, TSP, ZA, dll. Sumber lain pupuk organik cair seperti Biomon, pupuk super aci, pupuk biota dan lainnya. Ada juga pupuk lain seperti kompos, pupuk kandang dan guano ( kotoran burung). 


Salah satu cara pemupukan yang kami lakukan dan terbukti bisa mengurangi pupuk kimia adalah dengan meramu pupuk kimia dicampur pupuk biomon. Hasil yang diproleh tidak kalah dengan pupuk kimia. Bukan hanya itu tetapi juga super hemat dan tidak perlu lagi menggunakan pupuk yang banyak. Sebagai contoh umumnya petani untuk pemupukan dasar biasanya menggunakan urea 0.5 sd 1 kg untuk setiap arenya. Bila petani memiliki lahan 10 are maka membutuhkan urea sebesar 10 kg per 1 kali aplikasi. Begitu pula NPK untuk per are 1 kg jadi 10 are 10 kg. Jadi cukup banyak apalagi kalau diaplikasikan sampai 3 kali pemupukan. 
Gambar pupuk organik
Fermentasi Pupuk Kimia
Biomon salah satu pupuk hayati sudah mencoba menerapkan pemakai pupuk kimia yang sangat minim karena untuk per 10 are saja tidak sampai 1 kg baik urea maupun NPK. Pemakaian pupuk kimia yang minim tersebut tentu menguntungkan petani. Apalagi saat ini untuk mendapatkan pupuk kimia yang bersubsidi sangatlah langka. 

Berikut ini cara pembuatan pupuk super hemat ala biomon. 

TEKNIS APLIKASI CABE, BAWANG MERAH, PADI, JAGUNG, DLL TANAMAN PANGAN SEMI ORGANIK :

3 TUTUP BIOMON + 3 SENDOK UREA + 3 SENDOK NPK

MASUKKAN KE BOTOL CAMPUR AIR SECUKUPNYA KOCOK SAMPAI LARUT DAN PERAM 1 HARI ATAU LEBIH

SAAT APLIKASI MASUKKAN 1 BOTOL KE TANGKI 16 LITER AIR + 2 TUTUP PESTISIDA LALU SEMPROT TANAMAN 1-2X SEMINGGU

TIDAK USAH LAGI PAKAI PUPUK KIMIA YANG DI TABUR.

Demikianlah cara aplikasi ala biomon semoga bermanfaat.

Baca juga : 

Komentar

Postingan Populer