Cara Membuat Sambel Ikan Bakar

Berbicara tentang sambel tentu teringat ketika kita makan. Makan tanpa sambel tidak enak  rasanya. Sambel memberikan rasa enak dan nikmat. Orang akan mempunyai selera makan yang tinggi bila mencampur makanan dengan sambel.
                    Flickr.com
Berbagai macam sambel yang sering kita konsumsi dan memberikan rasa nikmat. Diantara sambel tersebut seperti jeruk nipis, mangga, tomat, dan lain-lain. 

A. Sambel Terasi

Sambel terasi dengan aromanya yang menusuk dihidung membuat sambel ini sangat dicari. Sambel terasi samgat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ikan bakar. Dalam membuat sambel biasanya dicampurkan dengan cabai, bawang merah, bawang putih, terasi bakar dan tomat.

B.Dabu-Dabu

Dabu-dabu salah satu sambel yang unik jika dibanding sambel lainnnya. Sambel ini populer di Menado dan biasa dicampurkan untuk cocolan ikan bakar. Cara pembuatan sambel ini beda dengan sambel lai. Sambel tidak diulek tetapi hanya diiris saja. Beberapa campuran dari dabu-dabu adalah cabai rawit, tomat dan irisan bawang merah. Dabu-dabu ditambahkan dengan air perasan lemon yang kecut.

Sebenarnya masih banyak lagi sambel yang lain. Tetapi tergantung dari selera masing-masing. Umumnya bahan untuk membuat sambel agak terasa asam. Rasa asam itulah yang membuat makanan ini dicari. Apalagi sambel itu juga dicampur dengan rasa pedas. 

Komentar

Postingan Populer