Pemangkasan Pada Tanaman

Pemangkasan yaitu menghilangkan bagian-bagian tanaman yang dianggap tidak perlu untuk kelangsungan proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dengan pemangkasan membuat tanaman akan lebih sehat dan produktif. Begitupula tanaman akan kelihatan indah. Bagian-bagian tanaman yang biasa dipangkas adalah bagian tangkai atau bagian batang. 

Untuk lebih rinci kami akan menjelaskan berbagai manfaat dari pemangkasan adalah sebagai berikut : 

A. Arah Tanaman Bisa Diatur

Ada kecendrungan tanaman untuk tumbuh terus dan tumbuhnya berbagai arah. Baik arah ke bawah, samping maupun ke atas. Terutama tanaman batang pokok akan tumbuh terus keatas bila tidak dipangkas. Hal ini terjadi karena adanya dominasi tunas apikal (tunas ujung) dibagian ujung tanaman. Tunas inilah yang akan memicu terus pertumbuhan tanaman. Salah satu cara untuk memutus pertumbuhan apikal adalah dipangkas. Dengan dipangkas menyebabkan pertumbuhan tanaman akan diarahkan kesamping. Dengan demikian pertumbuhan tanaman akan menjadi seimbang dan pertumbihan akan teratur. Fungsi lain adalah untuk merangsang pertumbuhan generatif pada tanaman yang lebat berbuah. 

B. Menjaga Kesehatan Tanaman

Pemangkasan tanaman juga berkaitan dengan kesehatan tanaman. Tanaman yang mempunyai tangkai dan daun yang berlebihan menyebabkan tanaman kelihatannya kurang sehat. Hal ini terjadi karena banyaknya persaingan untuk memperebutkan unsur hara pada tanaman. Persaingan unsur hara pada tanaman antar daun maupun cabang-cabang tanaman itu sendiri.  Padahal beberapa cabang sebenarnya tidak terlalu penting untuk ditumbuhkan. 

Jadi tujuan pemangkasan dalam hal ini adalah untuk mengurangi persaingan memperebutkan unsur hara. Kurangnya persaingan ini menyebabkan tanaman akan menjadi lebih sehat. Karena unsur hara yang dibutuhkan akan terpenuhi. 

Begitupula dengan pemangkasan sinar matahari akan tembus langsung ketanaman. Adanya sinar matahari tersebut membuat proses fotosintesis akan berjalan baik. Begitupula organisme pengganggu tanaman akan terkurangi. Beberapa jamur dan bakteri tidak bisa berkembang dengan adanya sinar matahari tersebut. Akibatnya tidak bisa lagi mengganggu tanaman. Dengan demikian tanaman akan menjadi sehat. 

C. Mengurangi Bagian Tanaman Yang Tidak Produktif. 

Tidak semua daun tanaman terkena sinar matahari. Yang kena sinar matahari itu saja yang melakukan proses fotosintesis. Yang tidak kena sinar matahari tidak melakukukan fotosintesis. Padahal daun tersebut juga memanfaatkan hasil fotosintesis. Itulah sebabnya banyak kita dapati ada daun yang lebab tetapi tidak bisa produktif. Bahkan kelihatannya sangat subur tetapi tidak pernah menghasilkan generatif. 

Tanpa adanya pemangkasan hasil fotosintesis diarahkan keseluruh bagian tumbuhan termasuk bagian tumbuhan yang tidak bermanfaat. Bahkan beberapa bagian tumbuhan sebenarnya bisa saja menjadi parasit bagi tumbuhan itu sendiri. Jadi sebaiknya bagian tersebut dibuang saja. Jangan dibiarkan untuk tumbuh. 

Demikianlah sekelumit manfaat dari pemangkasan suatu tanaman. Dengan mengetahui hal ini bisa menjadi acuan kita untuk lebih memeluhara tanaman kita. Dengan demikian tanaman kita akan lebih tumbuh maksimal dan produktivitas akan semakin meninfkat. 

Komentar

Postingan Populer