Sekam Padi

Sekam padi merupakan kulit padi yang sudah dipisah dengan berasnya. Sekam padi biasanya dimanfaatkan untuk membuat abu gosok dan sebagai media tumbuh tanaman. Ada juga yang menjadikan sebagai campuran pakan ternak. 
                         Gb. Flickr
Sekam padi yang keluar dari pabrik padi terdiri atas 2 jenis yaitu sekam kasar dan sekam halus. Sekam halus itu sendiri terdiri atas butiran-butiran padi halus dan sekam halus. Sekam halus biasanya kenal dengan bekatul. Sedangkan sekam kasar itulah yang biasa dijadikan abu gosok. 

Bekatul bisa dijadikan segagai bahan makanan dan makanan ternak. Bekatul mengandung nilai gizi yang cukup beragam sehingga biasa dijadikan pakan ternak. Pakan ternak seperti bebek, ayam, kuda, sapi dan lain-lain. Dengan menjadikan bekatul akan membuat ternak sehat dan gemuk. Baca juga manfaat jerami padi

Khusus untuk sekam kasar umumnya belum dikelolah dengan baik. Sehingga ketersediaan cukup melimpah. Bahkan masih menjadi kendala pada pabrik padi. Hal ini barangkali karena petani belum menyadari nilai ekonomis bila dijadikan sebagai industri. Terutama untuk dijadikan media tanam tumbuhan. Dan juga dijadikan sebagai abu gosok. 

Komentar

Postingan Populer