Cara Membuat Tauge Sendiri

Tauge merupakan makanan sayuran yang dibuat dengan cara mengkecambahkan biji. Tauge memiliki kandingan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein nabati.
Berbagai macam makanan yang bisa dibuat dengan tauge seperti jalan kote  (bahasa bugis semacam pastel dijawa), kambing-kambing (makanan jajanan makassar/bugis). Karena begitu pentingnya untuk kesehatan maka tauge disarankan untuk dikonsumsi setiap saat.Baca juga: Menanam tauge dalam botol pelastik.

Alat dan bahan 
  • Kacang hijau atau kedelai
  • Air
  • Baskom
  • Karung beras

Perendaman Biji

Sebelum dilakukan perendaman,lakukan pencucian terlebih dahulu. Atau memilih dari campuran biji lain atau zat-zat lainnya. Setelah itu masukkan dalam baskon dan ditambah air sampai penuh dan biji semuanya direndam. Biji direndam seharian penuh atau sekitar 24 jam, agar biji mekar. Dan bila ada biji yang mengapung sebaiknya dibuang karena memiliki kualitas yang buruk. Dalam proses penulisan.

Penyemaian Awal

Setelah dilakukan perendaman 24 jam maka dilakukan penyemaian biji dengan menggunakan karung goni. Letakkan tempat menyemai ditempat yang sedikit lembab dan tidak terkena matahari secara langsung. Misalnya diaekitar tempat yang terdapat keran air.

Setelah tempat disiapkan maka biji yang telah ditiriskan setelah direndam, selanjutnya diletakkan didalam karung. Ratakan dan jangan dibiarkan menumpuk dalam suatu tempat. Diawasi selalu supaya tidak diganggu oleh hama seperti tikus.

Penyemaian Akhir

Tiga hari kemudian biji sudah berkecambah. Supaya kecambah tidak mudah busuk maka dilakukan pencucian secara berkala pagi, siang dan sore.  Setelah dilakukan pencucian, kecambah diletakkan kembali pada pesemaian. 

Pemanenan Tauge

Pada hari keempat sudah bisa dipanen dan sebelum diolah menjadi makanan sebaiknya dibersihkan. 

Komentar

Postingan Populer