Cara Membuat Pupuk Buah Proses 2 Hari

Supaya tanaman buah kita tidak mudah gugur dan cepat mengeluarkan buah maka ada 1 trik yang tidak ada salahnya kita mencoba. Mencoba tidak mengapa karena bahan yang mudah didapat dan tidaklah terlalu mahal. Bahkan beberapa bahan bisa kita dapatkan secara gratis.

Pembuatan pupuk ini sangat sederhana dan bahkan bisa jadi dalam tempo 2 hari saja. Tetapi apabila sudah melewati 2 hari dan sudah mengeluarkan gas maka biarkan terjadi fermentasi sempurna paling tidak 7 hari atau lebih.

Pemakaian pupuk setelah 2 hari tentu akan memberi bau yang kurang sedap. Maka sebaiknya pakai pupuk ini agak jauh dari keramaian. Akan tetapi pemakaian setelah terjadi fermentasi sempurna bau akan kurang atau tidak terasa. 

Berikut ini bahan dan alat yang harus disiapkan;

Bahan : air kelapa 1 biji, Telur 2 biji, EM4 atau yakul. 

Alat : Botol mineral 1 buah

Cara pembiatan: 
Masukkan EM4 dalam botol untuk fermentasi kira-memenuhi dasar botol atau sekitar 3 buah yakul. Setelah itu masukkan telur tersebut yang 2 biji. Kocok sampai tercampur sempurna. 

Masukkan air kelapa dan juga kocok sampai tercampur.

Diamkan sampai 2 hari sudah bisa dipakai untuk menyemprot tanaman. Hanya saja 2 hari bau masih amis karena belum terfermentasi. 

Lewat dari 2 harinsebaiknya dibiarkan terfermentasi sempurna supaya bau berkurang akibat fermentasi. 

Cara pemakaian: 

Campurkan pupuk yang telah jadi dengan mencampur air dengan perbandingan 1 gelas mineral dicampur 20 liter air. Semprotkan atau kecorkan pada tanaman. 

Untuk tanaman padi, jagung, kacang semprot pada pagi hari atau sore hari. 

Artikel Terkait


Komentar

Postingan Populer