Cara Membuat Pupuk Cair Dari Tomat

Pupuk cair merupakan pupuk yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas hasil tanaman kita. Pupuk organik aman bagi tanaman dan juga bisa memanfaatkan sisa-sisa sayuran dan buah yang ada dalam rumah kita.
                             Flickr.com
Salah satu buah yang ada sepanjang waktu dalam rumah adalah tomat. Tomat memiliki kandungan unsur hara yang baik untuk tanaman. Kandungan tersebut sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. 

Unsur hara yang terdapat pada buah tomat terdiri dari unsur hara makro dan mikro. Disamping itu juga mengandung vitamin yang kemungkinan bisa memicu perkembangan akar, daun, batang dan buah. 

Berikut ini cara pembuatan pupuk cair dari buah tomat: 

Bahan-bahan yang disiapkan adalah tomat 200 g, air cucian beras sekitar 600 ml, nasi basi untuk membantu fermentasi, tambahkan sedikit gula untuk mempercepat fermentasi. 

Cara peembuatan : masukkan semua bahan dalam mesin blender. Blender sampai halus kemudian masukkan dalam wadah dan diamkan kurang lebih 3 sampai 7 hari sampai terjadi fermentasi sempurna. Fermentasi dikatakan berhasil bila pupuk tersebut tidak menimbulkan bau menyengat. 

Dosis aplikasi yaitu paling sedikit 1/2 gelas air mineral dicampur 14 liter air. Lakukan penyemprotan dipagi hari atau sore hari. Disaat stomata terbuka. Penyemprotan dilakukan saat umur tanaman sayuran sekitar 15 hst. 

Selamat mencobah

Artikel lain : 

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer