Cara Mengatasi Asam Lambung

Lambung merupakan alat vital dalam tubuh yang sangat penting kita jaga. Karena kerusakan lambung akan mempengaruhi kesehatan. Olehnya itu lbung kita harus  jaga dengan baik. Sebab sebagian besar masyarakat kita bermasalah dilambung. 

Hal utama yang harus kita lakukan adalah menghindari makanan siap saji. Karena makanan siap saji mengandung zat pengawet yang susah dicerna oleh tubuh atau lambung. Akibatnya lambung akan bekerja keras. Sebenarnya orang yang bermasalah asam lambungnya adalah kekurangan asam atau hipoklorida bukan kelebihan. 

Untuk pengobatan asam lambung maka minum air tajir. Air tajir yaitu air cucian beras yang bebas dari pestisida. Minum dua kali dalam sehari. Bisa juga air rebusan singkong. Air tajir mengandung amilum. Fungsinya untuk menyeimbangkan lambung sehingga tidak bermasalah. Jangan biarkan lambung kosong. 

Jangan lupa banyak mengkonsumsi pisang, alfukat dan kurma. Dan juga biasakan mengkonsumsi makanan prebiotik seperti makanan dan minuman fermentasi  yakult, tape dan lainnya. Makanan ini merupakan makanan terbaik untuk lambung. 

Amilum atau pati yang berasal dari semua tanaman yang memiliki klorofil. Sifat amilum yaitu warna putih, lembut dan tidak larut dalam air dan alkohol. Terbentuk dari hasil fotosintesis yang akan berfungsi sebagai cadangan makanan dalam tubuh. 

Beberapa makanan lain yang mengandung amilum seperti umbi, empulur sagu, beras, tapioka, gandung dan jagung. 

Dari buah dan sayur seperti lobak, kacang hijau, kentang, labu kuning, ubi jalar, alpukat, mangga, jeruk, apel, nanas, anggur, melon,  kacang hutan, buncis, kacang merah dan lainnya. 

Demikianlah cara kita untuk memelihara lambung dan semoga bermanfaat.

By. Amran, SP, MSi

Komentar

Postingan Populer