Cara Mengatasi Hama Tikus Dengan Sanitasi

Tikus merupakan salah satu hama utama pada tanaman padi. Padi bisa mengalami gagal panen kalau tidak cepat diatasi. Kerusakan bisa mencapai 100 %. Tikus mulai menyerang tanaman padi sejak pembenihan hingga menjelang panen.

Tikus biasanya menyerang pada mulanya pada bagian tengah. Dan bahkan bisa sampai bagian pinggirnya. Tikus biasanya memotong motong bagian batang padi kemudian di makan sebagian. Sisa potongan dibiarkan berserakan. 

Salah satu cara yang paling bagus untuk mengatasi hama tikus adalah dengan cara sanitasi. Sanitasi merupakan pencegahan tikus dengan cara membersihkan semua rumput yang ada pada padi. Termasuk pinggir dan pematang. 

Apabila sawah bersih dan jarak tanam yg renggang maka tidak ada persembunyiannya. Akibatnya tikus tidak mau bersarang pada sawah kita. 

Jadi sejak awal sudah harus di atasi dengan cara membunuh bibit-bibit rumput yang ada pada sawah. Pemberian herbisida pra tumbuh minimal 3 hari sebelum tanam. Dan diulang lagi 6 hari setelah tanam. Selanjutnya lakukan penggenangan air terus menerus sampai umur padi sekitar 2 bulan. Dengan cara demikian rumput tidak bakalan tumbih. 

Andai ada rumput yang tumbuh maka lakukan pencabutan supaya jangan sampai rumput melebihi tinggi padi. Rumput yang tinggi juga bisa mengakibatkan terjadi persaingan unsur hara. 

Jadi tidak usah mengganggu sarang tikus atau lubangnya sebab memgganggu lubang mengakibatkan tikus bertambah ganas. Lakukan pemngobatan kimia bila dianggap perlu


Selamat mencoba

By. Amran Sp, MSi

Komentar

Postingan Populer