Tutorial Benfuron Untuk Rumput (gulma)

Herbisida benfuron merupakan racun rumput untuk membasmi rumput. Untuk menerapkan maka perlu belajar dari pengalaman orang yg biasa pakai. Banyak orang yang menggunakan tetapi tidak berhasil karena cara menggunakannya tidak tepat. 

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan adalah waktu penyemprotan yang tepat, dosis, kondisi lahan saat penyemprotan, jenis rumput yang disemprot. Memperhatikan hal tersebut tentu saja akan memberikan hasil yang lebih efektif. Hasil yang efektif tersebut akan mengemat biaya. 

Beberapa petani juga sudah menggunakannya dengan baik. Untuk menggunakan dengan baik maka perlu adanya belajar. Baik belajar kepada orang pengalaman maupun kepada pembuat racunnya. Pengalaman petani itu sering ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Olehnya itu kita perlu menggali cara pemakaiannya oleh petani yang berhasil. Perlu kita mengikuti langka-langka mereka. Kalau perlu kita menggabungkan pengalaman beberapa petani. Kemudian yang terbaik caranya itulah yang kita ambil untuk contoh. 

Beberapa petani ada yang tidak pernah bisa menggunakan dengan tepat. Setiap dia melakukan hasilnya selalu mengecewakan. Hal ini juga perlu kita kaji. Dengan mengkaji maka kita dapat memahami apa penyebab ketidak berhasilannya. 

Adapun pemakaiannya maka harus kondisi tanah dalam keadaan macak-macak.  Pemberian  dilakukan apabila setelah dilakukan pengolahan lahan. Atau setelah pengolahan siap tanam. Dosis anjuran yaitu 90 - 120 /ha. Artinya 1 tangki untuk 2 bungkus ukuran 1 bungkus 5 g. Pemberian bisa dilakukan juga setelah tanam. Misalnya 6 hari setelah tanam. 

Benfuron Untuk Gulma

Apabila rumputnya sudah tinggi melebihi tinggi padi maka berikan racun benfuron 3-4 bungkus pertangki. Lakukan penyemprotan pada pagi hari. Kondisi tanah macak-macak. Pengisian air kembali pada saat akar rumput sudah mati. Lakukan perendaman air hingga padi berumur 2 bulan. Artinya rumput sudah tidak tumbuh lagi dan walaupun rumput tumbuh sudah tidak berpengaruh lagi. Baca juga : Herbisida Apuri bisa mengendalikan rumput jawan mirip padi

Pemberian herbisida di pagi hari akan memberikan hasil maksimal. Karena setelah pemberiannya rumput akan disinari matahari full. Panasnya matahari akan membuat fotosintesis rumput terganggu. Akibatnya tanaman akan menjadi cepat layu. Air dalam kondisi macak-macak dibiarkan 2 sampai 3 hari. Dan setelah 3 hari dalam kondisi rumput yang sudah mau mengering masukkan air ke dalam sawah. Setelah direndam rumput akan menjadi hancur.

Selama minimal 2 bulan perendaman harus dipertahankan. Sebab kapan air selalu kering bisa menyebabkan bunga rumput yang lain akan tumbuh. Jadi kunci keberhasilan dari penanganan rumput adalah penggenangan air. Penggenangan air yang baik akan membuat tanaman padi juga akan tumbuh baik. 

Padi merupakan tanaman yang membutuhkan air yang cukup banyak untuk pertumbuhan dan perkembangannya.  Tanpa air yang cukup maka padi tidak bisa tumbuh maksimal. Apakah musti tergenang? tidak musti yang penting tanah dalam keadaan basah. Karena kalau  tidak tergenang biasanya rumput akan tumbuh jadi mau tidak mau harus digenangi.

Selamat mencoba 

By. Amran, SP, MSi


Komentar

Postingan Populer