Cara mengatasi padi rebah

Salah satu persoalan yang dihadapi petani adalah padi rebah. Padi biasanya rebah menjelang panen. Tentu saja kalau rebah sebelum panen bisa menyebabkan kerugian yang besar. 

Apabila tanaman padi rebah bisa mengakibatkan kerontokan batang padi dan kerontokan bulir padi. Bila hal ini terjadi maka perkembangan padi tidak akan maksimal dan akibatnya buah tidak terisi sempurna. Karena transfer unsur hara dari tanah tidak maksimal karena kerusakan batang padi. Begitupula fotosintesis terhambat. 

Beberapa penyebab terjadinya padi rebah adalah angin kencang, hujan lebat, varietas benih, terlalu banyak pemberian pupuk nitrogen, dan serangan hama dan penyakit. 

Cara mengatasi yaitu kurangi pemakaian pupuk nitrogen yg berlebih tetapi gunakan pupuk NPK yg berimbang. Gunakan pupuk organik yang lengkap kandungan unsur hara. 

Beberapa pupuk organik yang kami rekomendasikan      adalah  pupuk biomon dan pupuk super aci. Karena kedua pupuk itu saya sendiri yang telah membuktikan dilapangan. Dan ternyata peningkatan hasil melebihi 40 persen. 

Lakukan pengobatan hama dan penyakit apabila ada gejala. Serta lakukan pencegahan sebelum kenah. Pencegahan yaitu jarak tanam jangan terlalu padat. 

Gunakan bibit unggul yang tahan hama dan penyakit. Serta gunakan bibit yg pendek saat musim hujan.


By. Amran, sp, msi

Baca juga : 

Cara aplikasi pupuk biomon pada tanaman cabai

Komentar

Postingan Populer