Faktor-faktor Linkungan Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Cabe

Untuk membuat tanaman cabai bisa tumbuh secara maksimal maka dibutuhkan lokasi yang tepat untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah
  1. pH tanah 
  2. Jenis tanah
  3. Intensitas Cahaya matahari
  4. Ketersediaan air
  5. Kelembapan
  6. Suhu lingkungan
  7. Ketinggian tempat
Tanaman cabai bisa tumbuh optimal pada kisaran 5.5 - 6.8. pH tersebut merupakan pH netral. pH yang netral membantu proses pelarutan unsur hara lebih cepat sehingga proses penyerapannya lebih cepat. pH yang masa bisa diberi  dengan kapur pertanian. Sedangkan yang terlalu basa bisa ditambahkan asam sulfat, besi sulfat, aluminium sulfat, atau bubut belerang

Jenis tanah yang cocok untuk tanaman cabai adalah tanah aluvial yaitu umumnya terdapat pada tanah sawah dan mediteran biasanya terdapat pada tanah kering. 

Cahaya merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tanaman cabai dalam proses fotosintesis. Terlalu tingginya curah hujan membuat fotosintesis terhambat. Tanaman cabai membutuhkan cahaya dengan kisaran 10-12 jam. 

Ketersediaan air merupakan kebutuhan utama dari cabai. Terutama dalam proses pertumbuhan vegetatif, pembungaan dan pembuahan. Cabai membutuhkan curah hujan yang kisaran 600-1250 mm/tahun. 

Kelembapan merupakan kebutuhan dalam menanam cabe. Kelembaban mempengaruhi siklus hama penyakit. Kelembaban yang terlalu tinggi bisa menyebabkab hama penyakit mengganas. Oleh karena biasanya cabai pada saat musim hujan banyak terjadi kegagalan. Kelembaban yang diperlukan adalah 60 - 80%. 

Suhu yang ideal untuk cabai yaitu sekitar 25 - 30 °C. Sedangkan ketinggian tempat juga berpengaruh terhadap cabai. Dari berbagai varietas cabai bisa tumbuh hingga 2.500 mdpl. Jenis cabai ini ada macam-macam, yaitu dataran rendah, sedang dan tinggi. 


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer