Tanaman Perkebunan

Tanaman Perkebunan

Kembali ke Ruang Lingkup Pertanian 

Perkebunan yaitu menanam tanaman tertentu pada suatu lahan dengan sekala besar. Waktu yang dibutuhkan kurang dari setahun hingga tahunan. Tanaman perkebunan biasanya bersifat monokultur. Tanaman perkebunan ada yang bersifat musiman dan ada yang tahunan. Pengelolaannya ada yang skala besar dan ada skala kecil. 

Perkebunan di Indonesia ada yang dikelolah PTPN (PT Perkebunan Nusantara) di bawah kontrol BUMN. Melakukan pengolahan hingga pemasaran. Tujuan pengelolaannya adalah untuk kemakmuran rakyat. 

Beberapa tanaman perkebunan yang besar yang ada di Indonesia adalah perkebunan teh, perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit, perkebunan kopi, perkebunan tebu, perkebunan kakao, perkebunan mangga dan lainnya.  

Beberapa perkebunan besar biasanya dikendalikan oleh pemerintah. Salah satu contoh perkebunan yang ada di Sulawesi Selatan adalah perkebunan tebu. Tebu dikelolah menghasilkan gula pasir (gula putih). Ada 3  pabrik gula tebu di Sulsel yaitu pabrik tebu Takalar, Arasoe Bone dan Pabrik Gula Camming di Bone. Ketiga pabrik itu memiliki perkebunan yang cukup luas untuk memenuhi kebutuhan produksinya. 

Terkait : 

Tanaman hortikultura 

Tanaman Pangan 


Komentar

Postingan Populer