Petani Sukses

Salah satu alasan  yang menjadi kendala petani kita adalah persoalan lahan. Lahan dijadikan alasan sehingga hasil pertanian menurun. Banyak petani kita gagal karena selalu berpatokan pada lahan. Petani selalu melihat kuantitas lahan. Bukan menjadikan lahan berkualitas. Pada hal menanam pada lahan yang sempit bisa memberikan penghasilan maksimal. Asal saja lahan tersebut dikelolah secara maksimal.
                                 Sumber: flickr.com
Ambil contoh : Jepang memiliki lahan yang sempit dan lahannya juga tidak subur seperti dinegara kita. Juga dipengaruhi oleh cuaca yang ektrim dan pada saat musim salju semua lahan tertutupi. Tetapi kenapa mereka petaninya sukses. Salah satu alasannya adalah produktifitasnya yang baik. Mereka menggunakan teknologi dan didukung oleh disiplin dan semangat kerja yang tinggi.

Petani mereka memanfaatkan lahan yang ada dan setiap jengkal ditanami dengan tanaman. Unsur hara yang ada dalam tanah betul-betul dimanfaatkan oleh tanaman dengan baik. Jika dibanding dengan lahan kita dijepang gersang tetapi lahan yang gersan tersebut di beri perlakuan sehingga bisa memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman. 

Lain halnya dengan lahan Indonesia bahkan ada beberapa lahan tanpa dipupuk pun bisa menyuburkan tanaman. Bahkan tanaman tanpa dipelihara bisa tumbuh. Yang dibutuhkan adalah kepedulian kita untuk mengolah lahan tersebut sehingga bisa produktif. 

Disekeliling kita banyak lahan yang tidak termanfaatkan sehingga hanya ditumbuhi oleh rumput ilalang saja. Bahkan dibiarkan begitu saja. Padahal kalau ditanami bisa menghasikan rupiah yang banyak. 

Lahan-lahan kosong disekitar rumah kita bisa dimanfaatkan, baik tanaman pot maupun ditanami langsung. Menanam dalam pot tidaklah susah, tinggal mengisi tanah dengan campuran sekam sudah bisa ditanami. 

Menanam cabe dalam satu pot saja bisa menghemat pengeluaran sampai ratusan ribu perminggu. Cabe yang ditanam dalam pot biasanya lebat buahnya. Dan kita memetik buah cabe saat membutuhkan saja. Dengan demikian kita mendapatkan cabe yang segar. Cabe yang segar tentu saja rasanya enak dan gurih. 

Tanaman kemangi juga sangat baik ditanam disekitar rumah. Ketika dibutuhkan sebagai bumbu tinggal memetik saat dibutuhkan. Kemangi merupakan bumbu dan penambah selera makan. Disamping penambah selera makan kemangi juga sangat baik untuk kesehatan. 

Apabila kita bisa menanam apa saja disekitar rumah tentunya akan menghemat pengeluaran. Tanaman lain seperti kelor, tomat dll. 

Komentar

  1. mantap sekali tulisan-tulisan bapak, dan semoga bisa ketularan ke saya. hehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer