Manfaat Sayur dan buah Bagi Kesehatan

Sayuran dan buah  memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi secara teratur akan memberikan kesehatan kita menjadi prima. Membiasakan mengkonsumsi sayuran akan mengurangi resiko terserang berbagai penyakit seperti obesitas, penyakit gula, jantung, strook dan beberapa jenis kanker. Sayuran juga merupakan sumber serat, vitamin dan mineral dan beberapa senyawa penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh seperti anti oksidan. 
                     Gb. Flickr
Diantara manfaat sayur dan buah bagi kesehatan diantaranya. 

A. Pencernaan Menjadi Sehat

Kandungan serat yang terdapat pada sayur buah dapat mencegah sembelit sehingga buang air besar menjadi lancar. Serat juga berfungsi untuk menunda rasa lapar dan juga memberikan rasa kenyang yang lama. Hal ini karena proses saat dicerna memakan waktu lama. Orang menjadikannya sebagai bahan diet, terutama yang berat badannya lebih. Pernahka anda makan buah kemudian buah tersebut saat keluar kelihatannya seperti buah yang dimakan juga keluar. Misal jeruk bali dimakan dan pada saat keluar sepertinya jeruk itu juga yang keluar. 

B. Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi sayur dan buah secara teratur akan mengurangi tekanan darah. Tentu saja ketika mengkonsumsi harus mengurangi juga suplai lemak dalam tubuh. Disamping itu bisa juga mengurangi serangan jantung dan penyakit gula. 

C. Menyehatkan Mata

Kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, yang tinggi pada sayur dan buah akan membantu mencegah dan mengurangi penyebab sakit mata. Vitamin C yang ada pada buah bisa membuat tubuh menjadi sehat.

Demikianlah manfaat sayur dan buah untuk kesehatan, semoga kita mengambil manfaat dari tulisan ini.

Artikel Terkait.




Komentar

Postingan Populer