Pengaruh Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

Banyak faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tananam. Beberapa faktor yang sangat berpengaruh diantaranya : suhu, ketinggian tempat, jenis tanah, jenis tanaman, pH tanah, cahaya matahari, jarak tanam, dll. Jadi keberhasilan dalam budidaya tanaman tidak hanya dipengaruhi oleh 1 faktor saja tetapi semua faktor saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
Baca juga :
Salah satu faktor yang menjadi perhatian adalah jarak tanam. Jarak tanam ini sangat mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya tanaman. Dalam hal ini kita harus tahu kapan tanaman dirapatkan dan kapan di renggangkan. Petani kita kalau menanam padi biasanya tidak terlalu memperhatkan jarak tanam. Umumnya mereka menanam sangat rapat sehingga padi tidak menghasilkan anakan yang banyak. 

Pada saat mau menanam kita harus perhatikan kesuburan tanahnya. Tanah yang subur sebaiknya di jarangkan supaya tanaman kita bisa ada ruang untuk beranak pinak. Sementara kalau tanah yang kita tanami tingkat kesuburan rendah sebaiknya dirapatkan. Karena tanah yang kurang subur biasanya tumbuhnya anakan pada padi biasanya susah. Bahkan pengamatan selama ini biasanya kalau kita menanam 5 batang biasanya anakan mencapi 10 batang saja. 

Perinsip jarak tanam
  • Tanah subur di jarangkan
  • Tanah kurus dirapatkan 
Selamat mencoba teori ini semoga bermanfaat

Komentar

Postingan Populer