Beberapa Trik Untuk Mengusir Tikus

Tikus termasuk binatang pengerat yang sangat diresahkan oleh petani kita. Kenapa tidak tikus juga termasuk binatang cerdik yang bisa menghindari racun tikus kalau sudah dipakai berulang-ulang. 
Banyak tikus tidak takut lagi sama manusia. Bahkan berkeliaran dimana-mana dirumah, dikantor, digot dan dimana saja terdapat bahan makanan dan air yang cukup.

Tikus juga merupakan fektor penyakit. Buang air disembarang tempat. Menggigit pakaian dilemari, menginjak makanan yang tidak tertutup. Tikus bisa menyebabkan penyakit tipes.

Di sawah tikus merupakan musuh nomor 1 petani. Kalau menemukan tidak ada ampun untuk mereka. Berbagai macam cara digunakan untuk membasmi. Tetapi selalu saja lolos dan bahkan seakan tidak pernah berkurang. Bahkan pertambahan sakin banyak.

Jadi untuk mengurangi atau mengusir tikus secara Alami tanpa merusal lingkungan maka bisa kita padukan dengan cara lain diantaranya.

Gunakan Daun Sirsak

Daun sirsak ditebar sekitar persawahan supaya bau itu bisa menyebar atau menyengat. Kalau perlu ambil beberapa daun kemudian blender lalu semprotkan dipadi. Biar bau menyebar. Karena tikus tidak suka bau menyengat.

Kulit Durian

Kulit durian jangan dibuang karena bau durian tidak disukai tikus. Kulit durian sebaiknya ditebar dipinggiran  sawah supaya baunya bertebaran kemana-mana. Biar tikus akan lari menghindar.

Kapur Barus

Kapur barus juga baunya sangat menyengat. Disamping baunya menyengat kapur barus juga bisa merusak indra penciuman tikus. Dan bahkan bisa mematikan tikus.

Lada

Caranya taburkan sedikit serbuk lada sekitar lubang. Dengan rasa dan aroma yang tajam bisa membuat tikus lari terbirit-birit.

Daun Salam

Daun salam juga disukai tikus, cuma kalau sudah dimakan menyebabkan akan mati.

Bawang Putih

Bau bawang putih yang menyengat membuat tikus tidak mau berlama-lama dekat dengan bau ini. Dia akan menjuauh dari bau bawang itu.
Itulah beberapa jenis bahan yang tidak disukai tikus. Sebenarnya masih banyak lagi seperti jengkol, tai sapi, daun mint, dll. Kesemua itu bisa kita coba untuk mengusir tikus

Artikel terkait:
Mengusir tikus dengan menggunakan tabung gas dipadukan dengan sisa karet bekas

Selamat mencoba 
By. AMRAN

Komentar

Postingan Populer