Hama Wereng Batang Coklat

Padi mengalami gagal panen kerena terserang oleh hama perusak padi. Salah satu hama utama yang berbahaya bagi petani adalah hama wereng batang coklat. Hama ini bisa menyebabkan gagal panen karena mampu berkembang biak dengan cepat dan menghisap cairan batang pada tanaman padi. Hama WBC mempunyai kemampuan untuk beradaptasi ketika menemukan inangnya dan bisa berkembang biak dengan cepat.

Hama WBV juga sebagai vektor penyakit seperti penyakit virus kerdil hampa (VKH), Virus kerdil tipe 1 (VKRT-1) dan Virus kerdil tipe 2(VKRT-2). Efek tanaman terjadi saat vegetatif VKG menyebabkan daun rombek, tercabik, koyak, atau bergerigi dan terkadang putih. Tanaman padi tumbuh kerdil dengan tinggi 23.8 - 66.9% tertekan. Keluarnya malai bertambah lama sampai 10 hari. Waktu malai keluar tumbuhnya tidal normal (tidak keluar penuh), terjadi distorsi pada daun bendera. Buah tidak terisi dan menjadi hampa. Gangguan WBC bisa menyebabkan gagal panen.

Perkembangbiakan WBC
Perkembang biakan WBC yaitu dengan cara seksual, dimana masa peneluran 3-4 hari untuk brakiptera(bersayap kerdil) dan 3-8 hari untuk makroptera ( bersayap panjang). Meletakkan telur pada pangkal pelepah daun, tetapi kalau populasi tinggi telur diletakkan diujung pelepah dan tulang daun. Peletakan telur secara berkelompok dan tiap kelompok terdiri atas 3-21 butir.

Seekor betina bisa meletakkan 100 - 500 butir. Menetas 7 - 10 hari kemudian. Nimfa merupakan wereng muda dengan kemampuan hidup 12 -15 hari dan setelah fase ini menjadi wereng dewasa. Adapun stadium WBC yaitu stadium telur, nimfa dan dewasa.


Nimfa berperoses menjadi lima instar dan memerlukan waktu untuk menyelesaikan periode nimfa rata-rata 12.82 hari. Nimfa berkembang menjadi 2 bentuk wereng dewasa. Bentuk pertama makroptera (bersayap panjang) yaitu wereng batang coklat yang punya sayap depan dan sayap belakang normal.

Kedua brakiptera(bersayap kerdil) yaitu wereng batang coklat dewasa yang punya sayap depan dan sayap belakang tumbuh tidak normal, terutama sayap belakang sangat rudimeter.


Di tempat yang terpisah stadium telur membutuhkan waktu antara 7 - 11 hari. nimfa yang baru menetas berwarna keputihan dan berangsur jadi coklat.

Pergantian kulit stadium nimfa terjadi 5 lali dan waktu yang dibutuhkan pada masing-masing instar adalah 2 - 4 hari. Wereng batang coklat dewasa mempunyai 2 bentuk, sayap panjang (makroptera) dan sayap pendek (brakiptera).Bentuk makroptera merupakan indikator populasi pendatang baru dan emigrasi, sedang brakiptera piulasi menetap. Suhu optimim untuk perkembangan antara 18 -28 oC.

Serangan WBC Tanaman Padi
Penyerangan WBC waktu masih membentuk anakan oleh wereng bersayap panjang yang berpindah dari tempat lain. Bila menyerang padi berumur 2 -3 pekan setelah tanam, maka WBC bisa berkembang biak menjadi 2 generasi. Tetapi menyerang umur 5-6 pekan setelah tanam wereng hanya berkembang biak satu generasi dimana puncak populasinya terjadi pada umur 9 - 10 minggu setelah tanam.

Pengamatan wereng dilakukan secara intensif dan rutin. Pengamatan 3 hari sekali dan jika ada gejala muncul dihitung populasi perrumpun 7-9 segera diatasi dengan pengendalian baik hayati maupun kimiawi.

Komentar

Postingan Populer