Pemberantasan Hama dan Penyakit Tanaman

Tentu saja untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimal maka perlu memperhatikan kesehatan tanaman kita. Selama peroses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, tidak jarang kita menghadapi kendala. Pupuk aci sangat baik untuk mengurangi serangan hama dan penyakit tanaman

Kendala yang paling berbahaya untuk tanaman kita adalah organisme pengganggu tanaman. Yang paling harus diperhatikan adalah hama dan penyakit tanaman. Berikut cara-cara pengendalian hama dan penyakit tanaman adalah sebagai berikut: 

Pengendalian Fisik

Pengendalian fisik yaitu pengendalian dengan menggunakan sarana fisik secara langsung untuk membunuh hama maupun penyakit. Misalnya membunuh tikus dengan memukulnya dan membongkar sarannya. Yang lain misalnya memungut satu persatu keong yang ada disawah kemudian membunuhnya. 

Pengendalian Biologi

Pengendalian ini biasanya menggunakan mahluk hidup lain untuk membunuh hama atau penyakit. Pengendalian ini sangat dianjurkan karena sangat aman untuk pertanian kita. Begitupula aman untuk kesehatan kalau kita menggunakan pengendalian ini. Contoh tikus dikendalikan dengan anjing, kucing, burung elang, dll. 
Jadi pengendalian ini kita memanfaatkan musuh alami organisme pengganggu untuk mengendalikannya.

Pengendalian Secara Kimia

Pengendalian ini menggunakan racun untuk memusnahkan hama atau penyakit tanaman kita. Pengendalian secara kimia harus memperhatikan banyak faktor karena hal ini sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Karena pemberantasan kimia bisa juga membunuh musuh alami organisme pengganggu tersebut. Baca juga Organisme pengganggu tanaman 

Demikianlah penjelasan singkat cara pemberantasan hama dan penyakit tanaman. 
Semoga bermanfaat

By. Amran

Komentar

Postingan Populer