Membuat Larutan Hidroponik

Bila kita akan menanam tanaman secara hidroponik makan kita tentu saja butuh nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanaman tentu saja membutuhkan unsur hara yang lengkap. Tanaman membutuhkan paling tidak 16 unsur hara untuk tumbuh maksimal. 

Sebenarnya banyak pupuk yang sudah dirancang khusus untuk larutan. Tetapi yang jadi permasalahan adalah jauhnya toko tani yang menjualnya. Dan begitu pula harganya agak mahal. Tetapi tidak perlu khuatir karena kita bisa membuat larutan sendiri. Dengan membuat sendiri berarti bisa menghemat pengeluaran. 

Pada dasarnya tanaman membutuhkan unsur hara makro dan unsur hara mikro. Unsur hara makro yaitudibutuhkan dalam jumlah banyak seperti N,  P,  K, C, O, Ca, Mg dan Mikro seperti Mn, F, Zn, Cl, dll. Unsur hara makro bisa diperoleh pada NPK dan KCl. Sedang unsur mikro bisa kita dapat pada pupuk organik seperti Pupuk ACI, Biota Plus, Biomon, Gandasil dll. 

Akan tetapi perlu tahu cara meramunya sehingga menjadi larutan yang baik dan tepat. Berikut ini tata cara yang perna diperaktekkan 

Bahan 
-NPK
-KCL
-pupuk ACI atau pupuk Biota atau Biomon dll atau bisa juga menggunakan pupuk gandasil. 

Ketiga larutan tersebut dilarutkan masing2 1 sendok makan (10g), untuk pupuk aci sekitar 10 ml. 

Ketiga larutan tersebut dilarutkan secara terpisah. Selanjutnya setelah dilarukan dicampurkan ke 10 liter air dan pupuk siap diaplikasikan dalam tanaman hidroponik. 

Baca juga : 


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer