Pengendalian Burung Pada Padi

Burung pemakan padi termasuk hama yang sangat merugikan petani. Burung ini menyerang padi sejak keluarnya buah padi. Menghisap cairan bulir padi sehingga menjadi hitam. Menurut petani burung pipik sudah keluar jam 5.00 subuh. Jam 10 berhenti karena hawa sudah panas. Dan kembali bereaksi jam 3 sore sampai magrib. Pupuk cair cucian beras dan cara pembuatannyaSawah yang kecil tidak perlu pakai pestisida 

Beberapa teknik yang digunakan petani untuk mengendalikannya. Diantaranya membuat orang-orangan kemudian ditarik-tarik. Orang-orangan dihubungkan dengan tali. Tali tersebut dipusatkan ke rumah gubuk ditengah sawah. Ketika ada burung yang hinggap disawah tali tersebut ditarik sehingga burung menjauh. Pada ujung tali dikasih kaleng bekas sehingga saat ditarik kaleng tersebut bunyi. 

Jadi harus stanbay ditengah sawah untuk memantau. Waktu menjaga biasanya sekitar jam setengah 6 pagi hingga jam 10.00 dan sore hari jam 3 hingga jam 6 sore. 

Cara lain yaitu menarik tali yang memantulkan cahaya yang menyilaukan mata burung pipit. Sehingga burung tidak mau mendekat. Contoh tasi, bekas kaset, dan lainnya yang sejenis. Dan lain racun burung pipit. 

Racun ini disemprotkan langsung kepadi saat padi mulai berbuah. Saat disemprot burung menghindari karena baunya. Atau kalau burung nekat akan membuatb burung akan mati karena mengandung racun. 

Sekian pembahasan kami semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer