Agribisnis Ubi kayu

Ubi kayu termasuk makanan penghasil karbohidrat yang baik. Ubi kayu dapat dijadikan sebagai pengganti beras untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Nenek moyang kita dahulu menjadikannya makanan pokok dengan cara direbus. Akan tetapi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ubi kayu ini dijadikan berbagai produk olahan. Segera gunakan pupuk organik agar tanah tidak semakin rusak
                          Sumber: Flickr
Ubi kayu dengan produk mentah kemudian dijual hasilnya akan sedikit. Tetapi dengan pengolahan menjadi produk tertentu akan memberikan nilai tambah. Berbagai produk yang bisa dikembangkan dari ubi kayu misalnya tepung tapioka, kkrupuk, kripik, tape, kue-kue dan lain-lain. 

Kita harus menyadarkan petani kita supaya jangan menjual produk dalam keadaan mentah. Tetapi harus dilakukan berbagai upaya untuk memahamkan kepada mereka. Petani kita selama ini dengan kebutuhan mendesak membuat mereka pasrah. Dia tidak lagi bisa berpikir untuk merubah keadaan mereka. Apalagi kebutuhan biasanya mendesak dan harus ditutupi saat itu juga. Tetapi ini jangan dijadikan alasan untuk tidak mengembangkan produk ini. Saya yakin dan percaya peningkatan pendapatan petani kita bisa ditingkatkan. 

Dalam rangka peningkatan pendapatan, maka perlu bekerjasama semua pihak terkait. Pemerintah, tokoh-tokoh masyarakat, petani, penyuluh dan semua pihak terkait. Berbagai cara harus kita tempuh untuk mencapai tujuan tersebut. Salasatunya adalah penyuluhan yang baik dan terstruktur. Dengan penyuluhan tersebut diharapkan nantinya petani akan sadar dan bisa mandiri. Baca juga: Konsep agribisnis akan memberi nilai tambah untuk petani

Tentu saja hal ini dibutuhkan kerja keras pantang menyerah. Sebab persoalan ini bukanlah hal yang muda sebab banyak hal yang menjadi tantangan dan harus kita lalui. Pokoknya kerja keras.

Artikel terkait:


Komentar

Postingan Populer