Walang Sangit

Walang sangit (Leptocorisa acuta) merupakan hama yang berbahaya pada padi. Berbahaya karena bisa membuat butir  tanaman padi menjadi hitam. Hal ini terjadi karena walang sangit mengisap sari yang terdapat pada buah padi. Walang sangit serangannya yang berbahaya ketika bunga padi baru muncul. Walang sangit memiliki bau yang sangat menyengat. Bauh tersebutlah yang menjadi senjata mereka untuk melumpuhkan musuh-musuhnya. 
                     Gb. Flickr
Warna dari walang sangit coklat kelabu dengan bentuk tubuh memanjang sekitar 2 cm. Memilili belalai dan itulah yang digunakan untuk mengisap. Waktu mengisapnya biasanya saat padi berbunga atau masak susu. Dulu kala  orang tua kita setiap subuh dan sore rajin mengendalikan dengan alat tangkap menggunakan tangan. Alat tersebut bentuknya segi tiga dan bagian tengah berlubang dan diayun kiri kanan sehingga bagian tengah berisi walang sangit. Itulah kegiatan mereka setiap pagi dan sore. Saat itu padi menjadi aman. Tetapi lain halnya dengan sekarang petani mengendalikan dengan cara kimia. Akan tetapi efeknya bisa saja terjadi ledakan hama walang. 
                        Gb. Fixabay.com
Walang sangi bisa menghasilkan telur antara 100-200 telur. Telur tersebut diletakkan pada daun padi. Telur tersebut berwarna hijau dan kemudian secara perlahan akan berubah menjadi coklat. Nimfa tersebut mengalami pergantian kulit hingga 5 kali. Masa nimfa sekitar 17-27 hari. Nimfa dan imago dapat hidup 115 hari. Penyeranhan nimfa dan imago menyebabkan padi bijinya menjadi hampa. 

Komentar

Postingan Populer