Manfaat Air Hujan Untuk Tanaman

Dalam Al- Quran sudah dijelaskan bahwa air hujan yang turun bisa membuat tanah tandus menjadi subur. Bisa dilihat saat terjadi musim kemarau biasanya tanah menjadi tandus dan banyak rumput-rumputan yang mati. Walaupun kebutuhan air tersedia tetapi terkadang tanaman tetap tidak bisa subur sebagaimana halnya dimusim hujan. Pupuk cair cucian beras dan cara pembuatannya, Sawah yang kecil tidak perlu pakai pestisida 

Air hujan mengandung uap air atau H2O yang merupakan kandungan utamanya yaitu sekitar 99,9 %. Air hujan asam nitrat sehingga bisa dinyatakan dalam bentuk pH. Air hujan yang normal mengandung pH 6 dan kalau tidak normal pH kisaran 5.7. Kadar asam pada air hujan dipengaruhi oleh asap seperti asap pabrik, kebakaran hutan, pembakaran sampah dan lainnya.

Air hujan juga mengandung zat karbon yang berupa silika dan fly ash. Keduanya merupakan zat debu yang mengikat melekul-melekul air. Dimana hal itu menjadi proses terbentuknya hujan. 

Beberapa petani menggunakan air hujan untuk dijadikan sebagai campuran pembuatan pupuk organik. Ternyata setelah menggunakan air hujan ternyata hasil pembuatan pupuk cair tersebut akan menjadi lebih baik. Air hujan mengandung sebagian kecil nitrogen dalam bentuk nitrat. Hal ini akan membuat tanaman menjadi subur. 

Jika dibanding dengan air yang keluar dari kran air, air hujan mengandung sedikit clorin sehingga lebih aman bagi tumbuhan. Air hujam juga keasamannya rendah jika dibanding dengan air lainnya. Kandungan mineral yang ada pada air hujan lebih sedikit jika dibanding dengan air lainnya. Sehingga ketika disiramkan pada tanaman tidak mengganggu unsur hara tanaman. 

Mikroba yang ada dalam air hujan boleh dikata tidak ada, sehingga aman untuk dikonsumsi. Tetapi air itu harus ditadah langsung dari langit. Lain halnya kalau sudah jatuh diatas atap maka ada kemungkinan tercemar dengan debu yang ada pada atap tersebut. Begitupula saat disiramkan pada tanaman, akan menjadi aman. 

Pupuk cair cucian beras dan cara pembuatannya

Manfaat dau siri untuk mengatasi serangan hama pada tanaman kita 

Mengusir tikus dengan menggunakan cabai

Kendala petani dalam mengelolah usaha taninya 

Komentar

Postingan Populer