Pohon Pulutan

Pohon Pulutan atau daun pulutan 

Pulutan dalam bahasa bugis disebut daun lallupa. Kepercayaan orang dikampung saya bisa dipakai untuk membuat orang lupa. Misalnya kita punya utang sama seseorang tetapi kita mau membuat mereka lupa piutangnya. Maka ambil daun lallupa kemudian masukkan ke dalam kantong baju. Sambil berpikir orang yang kita utangi untuk melupakan piutangnya sama kita. Ini hanya mitos, bisa benar dan bisa salah. 

Saya pun pernah memperaktekkan sama almarhum ibu. Tidak sampai beberapa jam saya minta uang beberapa kali. Karena waktu itu saya mengantongi daun lallupa. Setiap minta pasti dikasih dan saya berkeyakinan bahwa penyebabnya saya dikasih karena daun lallupa. Ternyata tidak begitu, karena walaupun tidak pakai daun itu ibu tetapi kasih uang karena pada dasarnya orang tua akan memberi kalau ada. Ini bisa saja terjadi kalau kita meyakini. 

Pulutan banyak tumbuh disekitar kita. Tumbuh dalam bentuk semak bergerombol dalam jumlah banyak.  Pohon ini memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan adalah akar, batang maupun daun. 

Daun pulutan dikenal sebagai anti jamur, anti bakteri dan antivirus , antioksidan dan  antiinflamasi. Sehingga wajar kalau banyak orang memanfaat daunnya sebagai obat. Daun dari tanaman ini bukan hanya untuk obat luar tetapi juga bisa sebagai obat dalam. 

Daunnya direbus dan juga  bisa dikeringkan kemudian diminum sebagai minuman herbal. Ambil beberapa lembar daun kemudian rebus dengan air. Setelah mendidih saring dan biarkan dingin. Bisa dicampur denga madu. 

Manfaat daun pulutan
Gb. Pohon Pulutan

Daun pulutan banyak dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagaì penyakit seperti darah tinggi, kolestrol, pencernaan, gula darah, infeksi, kanker dan lain sebagainya. 

Morfologi Pulutan

Termasuk tumbuhan semak yang bisa tumbuh mencapai 2 - 3 m. Batang memiliki banyak cabang warna kemerahan. Daunnya berbentuk bulat telur, berbentuk seperti hati dan pinggirnya bergerigi. Bunga berada pada ketiak daun, kelopaknya 5, berwarnah merah muda atau keunguan. Buah bulat dan berduri.

Baca juga : 

Jeruk nipis 

daun sirih

Manfaat kelapa muda saat buka puasa

Makanan sehat saat buka puasa 

Kacang asu 


Komentar

Postingan Populer