Mengusir Tikus Dengan Cabai

Cabai termasuk bumbu dapur yang sangat disukai oleh manusia. Boleh dikata tidak enak rasanya masakan tanpa cabai. Cabai bisa dimakan langsung atau bisa dibuat cobe-cobe (sambel)

Tetapi ternyata cabai bisa digunakan oleh petani untuk mengusir tikus dari lahan sawah. Rasanya yang pedis bisa membuat tikus kepedisan atau kepanasan. Baunya saja sudah bisa membuat tikus meninggalkan lokasi persawahan kita. Tentu saja harus disemprot dengan larutan cabe secara berulang-ulang. 

Baca juga : Manfaat sabun cuci piring sunligt ditambah minyak kelapa untuk mengusir hama tanaman  

Adapun cara penggunaannya yaitu dengan melarutkan cabai dalam air. Bisa mengambil beberapa genggam kemudian blender sampai halus. Bisa juga dimasak, dan air rebusan digunakan untuk menyemprot. Bisa juga ditambahkan minyak sayur dan sabun cuci piring untuk perekat. 

Semprotkan pada tanaman  padi secara merata dan juga jangan lupa ditutup lubang tikusnya yang ada disekitar persawahan. Sebelum ditutup alangkah baiknya semprot juga lubang tikusnya dengan larutan cabe. Kegiatan ini hendaknya dilakukan berulang-ulang agar tikus tidak kembali lagi. Paling efektif setiap 3 hari sekali periksa lubang yang ada disekitar persawahan. 

Cabe bubut juga sudah banyak dijual ditoko-toko jadi tidak perlu lagi meraciknya. Tinggal beli kemudian larutkan dan langsung semprot pada tanaman padi kita. 

Kalau teman-teman petani merasa berat untuk membuat larutan cabe, kami memiliki herbal pengusir tikus yang telah diracik namanya biomon pengusir tikus. Herbal ini sangat evektif digunakan pada tanaman padi kita. 

Selamat mencobah.

Baca juga :

Cara membuat larutan brotowali sebagai pestisida organik

Cara menyemprot padi dengan menggunakan NPK Mutiara 

Membuat perekat pupuk dan pestisida dari telur

Baca : mengusir tikus dengan menutupi lubang tikus selanjutnya semprot dengan biomon

Komentar

Postingan Populer