Produk Hasil Peternakan dan perikanan

 Amran, SP, MSiSebagaimana kita ketahui  bahwa hewan ternak sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Bukan hanya sebagai bahan pangan tetapi juga dijadikan sebagai bahan sandang dan alat transportasi. 

Pangan

Beberapa bagian ternak yang bisa dikonsumsi adalah daging, susu, telur, jeroan. Dimana daging tersebut merupakan sumber protein, kalori, vitamin: (B12, B3, B6, Niasin, tiamin, dan riboflavin), mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi, seng untuk otak dan perkembangan sel-sel syaraf dan vitamin D. 

Sandang 

Hasil ternak disamping untuk dijadikan bahan pangan ternyata juga bisa sebagai bahan sandang dan kerajinan tangan yang lainnya. 

Berbagai macam kerajinan tangan bisa dihasilkan oleh hewan atau ternak kita.  Hasil sampingan dari ternak apabila tidak dikelolah maka akan menjadi limbah. Limbah ternak bisa berupa kotoran, kulit, bulu, tulang, limbah pakan dan lainnya. Apabila limbah tersebut tidak dikelolah dengan bijak maka akan memyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan dan masalah kesehatan. 

Pengolahan limbah ternak seperti membuat kerajinan yang unik dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Disamping itu juga menghasilkan nilai ekomomi dan estetika. 

Ternak Bisa Dijadikan Sebagai Alat Transportasi. 

Beberapa daerah di Indonesia masih menggunakan binatang sebagai alat tranportasi. Contoh:  kuda dijadikan sebagai tunggangan, juga dijadikan alat untuk mengangkut padi. Beberapa daerah yang susah dijangkau oleh mobil masih menggunakan kuda untuk memikul gabahnya. Seperti di Gowa, Maros, Bone dan lainnya. 

Delman 

Delman merupakan alat transportasi yang perna berjaya dipulau Jawa. Di Sulawesi dikenal sebagai bendi. Delman ditarik oleh kuda sebagai alat transportasi. Transportasi ini pernah berjaya dimasanya. Dahulu dipakai sebagai alat transportasi jarak jauh. Hanya saja sekarang transportasi ini sudah dibatasi, karena dianggap mengganggu ketertiban lalu lintas. Hingga saat ini delman hanya dipakai sebagai alat transportasi jarak dekat dan sebagai sarana rekreasi. 

Komentar

Postingan Populer