Manfaat Garam Untuk Tanaman

Garam mengandung magnesium untuk  pembentukan klorofil melalui proses fotosintesis. Dengan pemberian garam pada tanaman maka tanaman akan menjadi subur. Di dalam tanah memiliki kandungan unsur hara magnesium yang sangat sedikit. Olehnya itu pemberian larutan garam akan meningkatkan ketersediaan unsur hara. 

Cara penggunaan garam pada tanaman yaitu dengan melarutkan garamnya kemudian disiramkan pada tanaman. Magnesium merupakan unsur hara mikro, jadi jangan memberikan dalam jumlah banyak. Sebab pemberian dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kelebihan dan akan menimbulkan dampak negatif. 

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan daun tanaman menjadi kekuningan dan bercak-bercak pada daun tanaman. Magnesium dalam garam dapat membantu meningkatkan penyerapan unsur hara lain pada tumbuhan. Contohnya nittogen, fosfor, dan kalium. Atau dapat dikatakan dapat meningkatkan efisiensi pemupukan. 

Saya juga pernah melihat garam  digunakan pada tanaman padi. Caranya yaitu dengan menebar secara merata kepersawahan. Samahalnya ketika kita menggunakan pupuk urea. Akan tetapi sawah yang berada pada pinggiran laut terkadang tidak cocok untuk ditanami. Hal ini terjadi karena kelebihan unsur magnesium. Dan kita sudah ketahui bahwa kelebihan unsur magnesium akan mempengaruhi pertumbuhan. 

Beda didaerah ketinggian yang jauh dari laut tanaman membutuhkan magnesium akibat berkurang karena seringnya panen. Unsur hara tersebut diserap oleh tanaman tersebut. Kelebihan magnesium akan mempengaruhi serapan natrium pada tanaman yang bisa menyebabkan terjadinya kematian daun pada tanaman. Baca juga : Manfaat jerami padi pada tanaman

Komentar

Postingan Populer