Manfaat Sekam Bakar Untuk Tanaman Padi

Gabah menghasilkan padi dan sekam. Sekam terbagi 2 yaitu sekam kasar dan bekatul (sekam halus). Sekam halus biasanya digunakan sebagai pakan ternak. Sedangkan sekam kasar dibuat media tumbuh tanaman. Bisa diberikan langsung dan biasa dibakar. 

Sekam bakar dihasilkan dari kulit padi yang dibakar. Sekam bakar sangat baik digunakan sebagai media tumbuh tanaman. Pembuatan sekam bakar biasa dilakukan 2 cara, diantaranya gosong separu dan gosong seluruhnya.  Sekam bakar sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Selain untuk memperbaiki tanah, sekam bakar juga sangat baik untuk menyuburkan tanaman. 

Salah satu kandungan yang ada pada sekam adalah silikat. Silikat berperanan untuk menegakkan tanaman dan membuat padi bernas. Disamping menegakkan tanaman juga membuat tanaman tumbuh subur. Sekam bakar sangat baik untuk memperbaiki pori-pori tanah. Pori-pori tanah yang baik akan membuat perakaran tanaman menjadi baik. 

Sekam bakar juga sangat baik untuk memperbaiki tingkat keasaman tanah. Atau menetralkan pH tanah sehingga tanaman bisa tumbùh. Dari segi kesehatan sekam ini sangat baik untuk kesehatan. Aroma sekam bakar bisa mencega stress dan memperbaiki pernapasan. Sekam bakar juga bisa dijadikan sebagai alat gosok prabot. 

Komentar

Postingan Populer