Cara membuat pestisida alami dari daun jeruk nipis

Kandungan Daun Jeruk Nipis 

Daun jeruk nipis memiliki beberapa kandungan kimia aktif yang baik untuk menjaga tanaman kita. Manfaat yang paling baik adalah sebagai anti bakteri. Kandungan daun jeruk nipis adalah flavonoid, glikosida, saponin, tanin, dan phlobatannin. 

Hama sasaran pestisida daun jeruk nipis 

Pestisida daun jeruk nipis memiliki sasaran hama lalat buah yang menyerang buah-buahan maupun daun. Disamping itu juga bisa menangani hama leaf miner.  Hama leaf miner adalah penggorok daun yang merupakan larva dari lalat daun. 

Daun jeruk nipis

Cara membuat pestisida alami daun jeruk nipis adalah 

Bahan-bahan : 

Siapkan daun jeruk nipis sekitar 0.50 kg, atau tergantung berapa banyak yang mau dibuat, jeruk nipis sekitar 10 biji yang sudah diperas, gula atau molase sekitar 5 sendok, air 5 liter, Em4 kira-kira 5 sendok. 

Cara Pembuatannya :

Blender daun jeruk nipisnya kemudian peras dan tambahkan air sumur, peras kesepuluh biji jeruk nipis tersebut dan campurkan juga kedalam larutan diatas, masukkan juga gulanya dan em4. Setelah itu ratakan kesemua campuran itu sampai bercampur rata. 

Masukkan dalam wada tertutup dan fermentasi sekitar 7 sampai 10 hari. Setelah 1 minggu bisa diaplikasikan tanaman yang terserang hama. Perlu diingat pestisida ini bisa juga menyuburkan tanaman. Dosis yang saya anjurkan adalah 1 gelas larutan hasil vermentasi dicampur 20 liter air. Semprotkan ketanaman 1 kali perminggu. 

Baca Juga : 

Manfaat daun tomat sebagai pestisida alami pada tanaman pertanian 

Manfaat dau siri untuk mengatasi serangan hama pada tanaman kita 

Mengusir tikus dengan menggunakan cabai

Cara menyemprot padi dengan menggunakan NPK Mutiara 

Membuat perekat pupuk dan pestisida dari telur

Komentar

Postingan Populer