Cara Membuat Pupuk Organik Dari Kacang Tanah

Cara membuat pupuk organik dari kacang tanah sangat menguntungkan pertanian kita. Hal ini saya katakan karena kacang tanah merupakan sumber mineral dan sumber protein. 

Kacang Tanah Mengandung

Kacang tanah mengandung banyak vitamin dan mineral yang cukup tinggi yang mungkin diperlukan oleh tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Kandungannya adalah asam folat, vitamin E, niasin, thiamin, (vitamin B1), vitamin B6, riboflavin, (vitamin B2), tembaga, fosfor, magnesium, besi, kalium, seng, kalsium. 

Kandungan yang saya sebutkan di atas sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Karena kacang merupakan biji-bijian maka sangat cocok untuk digunakan pada generatif tanaman untuk memperbaiki kualitas buah tanaman berbuah. 

Cara Pembuatannya

Bahan yang disiapkan : kacang tanah 1 kg, telur 1 biji, terasi 25 g sampai 50 g, air hujan atau air kolam sekitar 1 liter. 

Cara pembuatan : belender kacang tanah sampai halus, setelah itu larutkan telur dan terasi dalam air. Kemudian campurkan kacang blender dengan larutan telur dan terasi tersebut. Simpan dalam wadah tertutup sekitar 7 hari. Hari 2 sampai hari ke 3 simpan ditempat gelap. Hari ke 3 perkenalkan dengan sinar matahari. Dan setelah 1 minggu biasanya terjadi perubahan warna. Yang biasa kita kenal dengan reaksi pencoklatan. 

Peringatan:

Setiap 2 hari usahakan buka tutup botol supaya gas keluar. Karena protein banyak pada pupuk itu maka sebaiknya hati-hati membukanya karena rasanya sangat busuk selama proses fermentasi. Saat dibuka diruangan terbuka biar tidak terlalu bau. 

Cara aplikasi 

Ambil 2 - 3 sendok makan untuk dicampurkan kedalam 16 liter hingga 20 liter air. Semprotkan pada tanaman pada pagi atau sore hari. Bisa dicampurkan pestisida saat aplikasi. Tetapi kalau disemprot tunggal lebih baik lagi. 

Silahkan mencoba semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Berikut :

Manfaat daun tomat sebagai pestisida alami pada tanaman pertanian 

Manfaat dau siri untuk mengatasi serangan hama pada tanaman kita 

Mengusir tikus dengan menggunakan cabai

Cara menyemprot padi dengan menggunakan NPK Mutiara 

Membuat perekat pupuk dan pestisida dari telur


Komentar

Postingan Populer