Beragam Manfaat Kunyit Untuk Tanaman

Kunyit mengandung kurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, sellulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, Fosfor, kalsium, minyak atsiri dan lainnya. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia dan tumbihan. 

Kunyit disamping bermanfaat untuk manusia, ternyata juga bermanfaat untuk tanaman kita. Kunyit umumnya berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri. Disamping itu juga pada tanaman memiliki manfaat untuk mengusir semut. 

Bagian kunyit yang biasa dipakai adalah rimpangnya. Rimpang tersebut bisa diblender langsung kemudian diambil sarinya. Atau bisa juga dikeringkan kemudian dibuat tepung. Tepungnya bisa digunakan untuk menabur disekitar perakaran tanaman. Yang berbentuk cair bisa disemprotkan ketanaman. Dimana sebelumnya diencerkan dengan air terlebih dahulu. 

Kunyit sebagai anti bakteri dan anti jamaur. Tanaman yang layu karena bakteri misalnya pada tanaman cabe dan tomat. Kasus seperti itu bisa kita taburkan kunyit bubuk atau siramkan air larutan kunyit pada sekitar perakaran. Pemberian ini tentu akan mematikan penyakit yang ada pada tanaman tersebut. 

Tetapi apabila kita mendapati tanaman yang layu, sebaiknya dicabut saja. Kemudian tanaman lain yang belum terserang itulah yang kita berikan, agar tidak tertular. Sebab tanaman yang sudah layu berarti sudah terserang. Jadi tidak perlu lagi di obati, sebab ada kemungkinan walaupun sembuh sudah tidak bisa lagi maksimal. Jadi perinsipnya pencegahan jauh lebih bai.

Biji benih yang direndam dengan larutan kunyit memiliki daya tahan yang tinggi terhadap serangan hama dan penyakit. Hal ini disebabkan karena kunyit yang melapisi biji tidak bisa ditembus oleh bakteri maupun jamur. Begitupula semut tidak mudak memakannya karena rasanya yang tidak enak bagi semut. 

Baca juga : Manfaat sabun cuci piring sunligt ditambah minyak kelapa untuk mengusir hama tanaman  

Kandungan kimia kunyit yang cukup beragam, ternyata kunyit juga memiliki peranan untuk menyuburkan tanaman dan memperbaiki perakaran. Besi, fosfor dan kalsium bisa membuat batang tanaman menjadi kuat dan kokoh. Saat digigit oleh serangga tanaman cepat penyembuhan.

Baca juga : 

Daun kopasanda sebagai pestisida organik 

Waspada serangan hama wereng coklat pada musim hujan 


Komentar

Postingan Populer