Cara Membuat Perekat Pestisida dari Sunligt

Sunlight bisa dibuat perekat pestisida untuk dicampurkan ke alat semprot tetapi dosis harus diperhatikan. Disamping sebagai perekat sunlight juga memiliki fungsi lain untuk mengendalikan beberapa hama tanaman. Memakai pestisida buatan ini aman saat dilakukan penyemprotan. Artinya tidak membahayakan paru-paru saat dihirup. 

Perekat pestisida alami
Sunligt sebagai perekat pestisida

Beberapa hama yang bisa dikendalikan dengan menggunakan pestisida seperti kutu-kutuan, ulat grayak dan lainnya. Bahkan wereng juga bisa diatasi dengan menggunakan sunligt. Asumsinya kalau digunakan sebelum terjadi ledakan hama. Artinya dipakai untuk mencegah hama. Sementara kalau sudah terjadi ledakan hama maka pestisida kimia adalah solusinya. Baca juga : Manfaat cucian beras untuk tanaman 

Bahan aktif dari sunlight adalsh Total surfaktan 13 %. Walaupun tidak terlalu berbahaya jika dibanding pestisida kimia, tetapi alangkah baiknya dijauhkan dari jangkauan anak- anak, bila terkena mata bilas air bersih, dan bila tertelang minum air banyak. 

Bahaya Sunligt Untuk Tanaman

Sunligt apabila diberikan secara berlebihan bisa menyebabkan tanaman layu. Tetapi pemberian dalam jumlah sedikit saya rasa aman-aman saja. Pengalaman saya menggunakan sunligt dosisnya 3 - 5  sendok makan pertangki (ukuran tangki kapasitas 20 liter). Dulu ketika saya mencoba 2 sendok perliter tanaman akan layu dan mengering. Tentu saja terjadi karena kelebihan dosis. Baca : Cara mengatasi hama tikus sawah 

Waktu penyemprotan lebih dianjurkan sore hari. Karena sore hari resiko untuk layunya tanaman bisa dihindari. 

Sunligt sebagai perekat pestisida

Ketika sunligt dicampurkan dengan  pestisida maka bisa berperanan sebagai perekat saat dilakukan penyemprotan hama maupun herbisida. 

Komentar

Postingan Populer